test

Olahraga

Selasa, 18 Februari 2020 08:02 WIB

Begini Cara Pelatih Chelsea Hadapi Tekanan Berat dan Stres

Editor: Ferro Maulana

Frank Lampard. (Foto: Dok Net)

PMJ – Pelatih Frank Lampard sadar betul bila posisi Chelsea di papan klasemen Liga Utama Inggris masih terancam. Tetapi, ia punya cara tersendiri untuk mengatasi tekanan berat atau stres terhadap dirinya.

Ya, hingga pekan 25, The Blues masih berada di peringkat empat klasemen sementara Premier League. Dengan torehan 41 poin, jelas mereka masih belum aman untuk mengunci tiket Liga Champions Eropa musim depan.

Sebut saja, jarak Chelsea di peringkat ke-4 dengan Manchester United di peringkat ke-9 hanya 6 poin. Sederet tim seperti Tottenham, Sheffield, dan Wolverhampton bisa dengan mudah menggantikan posisi mereka jika saja Si biru terpeleset.

Lampard pun memiliki cara tersendiri guna menghilangkan tekanan terhadap para pemainnya perihal posisi mereka di papan klasemen.

“Terkadang saya melakukan itu (melihat klasemen), tapi saya kira Anda tidak boleh terlalu sering membicarakannya. Sebab bisa jadi para pemain justru tidak fokus, melihat ke bawah dan ke atas klasemen terus-menerus,” ungkap Lampard kepada Sky Sports.

“Dan yang paling penting kami hanya bisa mempengaruhi diri kami sendiri. Di sisi lain, saya kira itu (bicara klasemen) juga bukan sesuatu yang buruk, sebab kami harus memahami situasi yang sebenarnya.”

Kemudian Lampard juga mengatakan bahwa dirinya kerap mengingatkan para pemain tentang posisi mereka di papan klasemen. Hal itu ia lakukan guna mendongkrak semangat tim.

“Saya tidak keberatan menjelaskannya pada para pemain, mungkin terkadang saya melihat klasemen dua sampai tiga kali sehari. Anda bisa terobsesi dengan itu, tapi itu tugas saya,” sambung Lampard.

“Bagi para pemain, saya kira mengingatkan mereka sesekali sudah bagus,” pungkasnya. (FER).

BERITA TERKAIT