Olahraga

Kamis, 29 Oktober 2020 22:00 WIB

Wenger: Liga Super Eropa Sebabkan Matinya Premier League

Editor: Ferro Maulana

Arsene Wenger. (Foto: Dok Net)

PMJ - Mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger menilai Liga Super Eropa mampu menyebabkan mati sengitnya kompetisi di Eropa, seperti Liga Utama Inggris.

Dalam beberapa hari terakhir, muncul sebuah ide untuk menyegarkan kompetisi Eropa yang sekarang berhasil menggelar Liga Champions Eropa.

Rencananya, format Liga Champions bakal diubah dengan hanya diisi oleh tim-tim top liga-liga di Eropa tanpa memperdulikan klasemen akhir seperti saat ini.

Rencana itu pun mendapat penolakan dari banyak pihak termasuk Arsene Wenger. Pria berkewarganegaraan Prancis itu menilai Liga Super Eropa akan mematikan Premier League yang kini ingin membuat proyek bernama Big Picture yang juga sama buruknya.

"Saya tidak percaya Eropa siap untuk itu. Alasannya, Premier League sebenarnya punya keunggulan. Proyek itu (Big Picture) ingin mempertegas superioritas tersebut,” ujar Wenger.

“Liga lain mencoba menghancurkan keunggulan yang dimiliki Premier League. Bagi mereka, cara terbaik untuk menjinakkannya yaitu dengan menciptakan Liga Super Eropa. Pada dasarnya itu berarti menghancurkan Premier League,” sambungnya.

“Bila mereka mendapat persetujuan dari klub-klub besar Inggris, maka itu (hancurnya Premier League) akan benar-benar terjadi.” tuturnya.

Pihak perencana seperti Presiden Juventus yang menjabat salah satu posisi di UEFA menekankan Liga Super Eropa dibikin agar kompetisi kian menarik.

Namun Wenger hanya melihat rencana tersebut hanya bertujuan untuk menambah pundi-pundi uang mereka saja.

“Hal ini juga (bisnis) sepak bola, tetapi kita dalam periode (menguntungkan) pemilik atau investor. (Untuk) investor, target pertama mereka adalah menghasilkan uang,” ungkap Wenger.

“Liga Super Eropa adalah salah satu cara, mungkin, untuk menghasilkan lebih banyak uang," tutupnya. (Total Sport/ Fer)

BERITA TERKAIT