test

News

Jumat, 10 Januari 2020 16:08 WIB

BMKG: Gerhana Bulan Penumbra Dapat Dilihat di Indonesia pada Sabtu Dinihari

Editor: Ferro Maulana

Gerhana Bulan Penumbra. (Foto: Dok Net)

PMJ – Fenomena alam Gerhana Bulan Penumbra bakal kembali terjadi dan bisa dilihat di Indonesia. Informasi tersebut diumumkan oleh Badan Meteerologi dan Klimatogi (BMKG).

Menurut informasi situs resmi BMKG, hari ini, Jumat (10/01/2020), Gerhana Bulan Penumbra ini mulai terjadi pada Sabtu (11/01/2020) dinihari, tepatnya pukul 00.05 WIB.

Sementara, durasi Gerhana Bulan Penumbra kali ini adalah 4 jam 08,7 menit. Dengan pembagian, waktu puncak gerhana pukul 02.10 WIB dan waktu berakhirnya pukul 04.14.

Berdasarkan BMKG, peristiwa Gerhana Bulan Penumbra ini dapat diamati di hampir seluruh wilayah Indonesia. Sementara, bagian paling timur Indonesia akan dapat mengati peristiwa ini saat Bulan terbenam.

Selain Indonesia, peristiwa ini dapat dilihat di Asia, Eropa, sebagian besar Afrika bagian timur, sebagian kecil Australia bagian barat, dan Samudra Hindia.

Sedangkan, proses gerhana saat Bulan terbit dapat diamati di Afrika bagian barat, Samudra Atlantik, sebagian kecil Amerika bagian timur laut, dan sebagain kecil Amerika Selatan bagian timur.

Sekedar informasi, Gerhana Bulan Penumbra kali ini merupakan anggota ke-16 dari 71 anggota seri Saros 144. (BMKG/ FER).

BERITA TERKAIT