test

News

Kamis, 27 Februari 2020 20:07 WIB

Menlu Pertanyakan Larangan Jemaah Umrah Indonesia Masuk Arab Saudi

Editor: Ferro Maulana

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi (Foto: Dok Kemlu)

PMJ - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mempertanyakan kebijakan Kerajaan Arab Saudi yang menutup pintu masuk kedatangan jamaah umrah asal Indonesia.

Retno menilai bahwa Indonesia masih termasuk green zone atau negara dengan nol kasus virus korona (Covid-19) yang positif. Hal tersebut sudah disamapaikannya kepada Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia.

Jika merujuk pada poin kedua pernyataan Kerajaan Arab Saudi, disebutkan bahwa penangguhan izin masuk hanya diberikan kepada negara-negara yang memiliki potensi penularan virus korona.

"Itu yang saya sampaikan kepada Duta Besar Arab Saudi tadi. Saya sampaikan kenapa Indonesia (masuk daftar pembatasan). Alasan mengenai Covid-19 tersebut belum relevan diberlakukan untuk Indonesia," jelas Retno di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Hingga saat ini, pemerintah Indonesia sedang menjajaki negosiasi dengan otoritas Arab Saudi agar jamaah umrah yang terlanjur terbang atau sudah mendarat tetap bisa melanjutkan ibadahnya.

"Jadi teman teman baik yang di Riyadh maupun di Jeddah dan dari saya di Jakarta juga melakukan pendekatan, agar yang terlanjur landing diperkenankan untuk umrah. Walau katakanlah ada pemeriksaan pemeriksaan kesehatan," tukasnya.

Retno menyebut seluruh jajarannya di Riyadh dan Jeddah saat ini dalam posisi standby untuk menindaklanjuti keputusan Kerajaan Arab Saudi ini. Pemerintah juga menjamin keselamatan WNI yang sedang menjalankan ibadah di sana.

BERITA TERKAIT