test

News

Minggu, 7 Juni 2020 14:54 WIB

Catat, Begini Panduan Terbaru Penggunaan Masker Versi WHO

Editor: Hadi Ismanto

Disiplin Protokol kesehatan dengan baik bisa mencegah COVID-19. (Foto: PMJ/Ilustrasi Fif).

PMJ - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merilis panduan terbaru terkait penggunaan masker untuk mencegah penularan Covid-19. Dalam penjelasannya, badan kesehatan PBB ini memasukan informasi soal masker kain.

"WHO merekomendasikan bahwa masker kain harus terdiri dari setidaknya tiga lapisan bahan yang berbeda," ujar Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers, seperti dilansir laman resmi WHO, Minggu (7/6/2020).

Pada unggahan video panduan penggunaan masker terbaru itu, idealnya lapisan luar masker kain haruslah bahan yang tahan air. Sementera itu, lapisan terdalam adalah penyerap air, dan yang tengah berfungsi sebagai penyaring atau filter.

Dijelaskan pula apabila masker kain sudah kotor, cucilah dengan sabun dan air (lebih disarankan air bersuhu tinggi). Disarankan mencuci masker baiknya setiap hari setelah digunakan.

Meski sudah menggunakan masker, WHO juga meminta masyarakat agar tetap mewaspadai beberapa hal yang bisa membuat seseorang berpotensi terpapar Covid-19.

Menurutnya, orang-orang bisa menginfeksi diri mereka sendiri apabila menggunakan tangan yang terkontaminasi untuk menyesuaikan masker atau berulang-ulang melepas dan memakainya, tanpa menjaga kebersihan tangan.

"Masker juga dapat menciptakan rasa aman yang semu, membuat orang mengabaikan langkah-langkah seperti kebersihan tangan dan menjaga jarak fisik," ujar Tedros.

Tedros juga menegaskan bahwa masker saja tidak cukup untuk melindungi orang dari penularan Covid-19. Ada baiknya, masyarakat juga tetap mematuhi aturan protokol kesehatan lainnya.

"Masker bukan pengganti jaga jarak fisik, kebersihan tangan, dan tindakan kesehatan masyarakat lainnya. Masker hanya bermanfaat sebagai bagian dari pendekatan komprehensif dalam memerangi Covid-19," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT