test

News

Senin, 22 Juni 2020 09:04 WIB

Keren, Masker Buatan Peneliti Israel Bisa Bunuh Virus Corona

Editor: Hadi Ismanto

Peneliti asal Israel mengklaim telah menemukan masker yang bisa membunuh virus Corona (Foto: PMJ News/Reuters)

PMJ - Mengenakan masker selama masa pandemi Covid-19 menjadi satu keharusan. APD ini merupakan salah satu yang dianjurkan dalam protokol kesehatan. Penggunaan dinilai bisa menghindarkan seseorang diri virus corona.

Melihat kondisi ini, sejumlah kalangan berlomba-lomba untuk melakukan inovasi dalam hal menciptakan masker yang aman sekaligus nyaman dipakai. Apalagi jika beraktivitas di luar rumah.

Seperti dilansir South China Morning Post, Senin (22/6/2020), baru-baru ini peniliti asal Israel mengklaim telah menemukan masker yang bisa membunuh virus Corona (Covid-19).

Masker tersebut bisa bersih secara otomatis menggunakan panas dari alat pengisi baterai. Masker yang bisa digunakan berulang kali ini, dilengkapi USB port yang menghubungkannya dengan charger ponsel.

Sumber power tersebut diklaim bisa memanaskan serat bagian dalam masker hingga 70 derajat Celcius. Proses disinfeksi masker ini diklaim berlangsung setidaknya sampai 30 menit untuk sepenuhnya membersihkan virus yang menempel.

"Panas yang dihasilkan, yakni suhu antara 65-70 derajat Celcius, lebih dari cukup untuk membunuh virus," ujar Faculty of Materials Science and Engineering Technion University, Yair Ein-Eli.

Selain itu, para peneliti juga mengklaim bahwa masker tersebut bisa dipanaskan lusinan kali tanpa menyebabkan kerusakan sama sekali. Inovasi ini diharapkan bisa mengatasi kelangkaan masker selama masa pandemi.

"Dunia medis selalu memanfaatkan barang tak bisa digunakan kembali. Selama pandemi, demi menutup berbagai permintaan, setidaknya kita membutuhkan lima miliar masker," tukas.(Hdi)

BERITA TERKAIT