test

Kesehatan

Jumat, 16 Oktober 2020 10:02 WIB

Awas, Masker Kotor Bisa Bikin Iritasi Kulit

Editor: Hadi Ismanto

Masker yang dipakai setiap hari harus bersih agar tak menyebabkan iritasi kulit. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi)

PMJ - Para ahli kesehatan menganjurkan masker yang dipakai setiap hari harus bersih. Untuk itu, penutup hidung dan mulut ini haris dicuci secara teratur karena jika dipakai dalam kondisi kotor dapat menimbulkan masalah pada kulit wajah.

Seperti dilansir dari laman Wafb, Jumat (16/10/2020), dokter pengobatan keluarga di Baton Rouge General mengatakan Anda pasti ingin menghindari masalah pada wajah Anda.

"Karena masker menahan semua kuman itu dan masker dekat dengan kulit selama berjam-jam sepanjang hari, kami melihat banyak jerawat," ungkap dr Rachel Kermis.

Kermis melihat maskne (jerawat akibat pemakaian masker) adalah masalah yang banyak ditemui pada pasiennya belakangan ini. Masker yang kotor bisa membuat kulit Anda teriritasi. Untuk itu, dia mengingatkan untuk membersihkan masker dan wajah Anda.

"Anda bisa mendapatkan beberapa tisu jerawat di toko obat. Cukup bersihkan dan hilangkan semua kotoran dan bakteri itu sebanyak mungkin," tuturnya.

Bakteri bau mulut dan tenggorokan gatal mungkin saja terjadi saat memakai masker. Hal itu lantaran bisa jadi masker 'menghalangi' Anda minum air. "Sering kali orang mengalami dehidrasi karena tidak ada banyak akses untuk minum," ujarnya.

Kermis mengingatkan untuk menghidrasi ulang agar masker Anda tidak membuat Anda merasa tak nyaman. Tentu saja, cuci masker yang dapat digunakan kembali setiap hari. Namun, hindari menggunakan sabun yang wangi.

"Itu bisa memicu alergi orang," kata dr Kermis.

Alergi dan iritasi dari masker Anda dapat dengan mudah disalahartikan sebagai gejala Covid-19. Kermis pun menegaskan, jangan berbagi masker dengan orang lain.(Hdi)

BERITA TERKAIT