test

News

Rabu, 4 September 2024 15:36 WIB

Selama September 2024, ini 8 Provinsi Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan

Editor: Fitriawan Ginting

Pemutihan pajak kendaraan bermotor. (Foto: PMJ/Ilustrasi).

PMJ NEWS - Sejumlah provinsi di Indonesia menggelar program pemutihan pajak kendaraan bermotor (PKB) sepanjang September 2024 untuk meringankan beban pajak masyarakat. Program ini biasanya mencakup penghapusan denda dan diskon pembayaran pajak, meskipun aturan dan syaratnya bervariasi di setiap daerah.
Berikut wilayah yang menggelar program pemutihan pajak  kendaraan bermotor:

1. Aceh
Aceh memulai pemutihan denda PKB sejak Maret hingga 31 Desember 2024. Pemutihan ini mencakup penghapusan denda PKB dan pajak progresif berdasarkan Peraturan Gubernur Aceh Nomor 40 Tahun 2023.

2. Sumatera Selatan
Program pemutihan pajak di Sumsel berlangsung dari 19 Agustus hingga 14 Desember 2024, meliputi PKB, bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) kedua, dan sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ). Pemutihan ini memberikan pembebasan denda, bunga PKB, dan pajak progresif.

3. Sumatera Barat
Sumbar menggelar pemutihan hingga 30 September 2024 dengan empat kategori, yakni pembebasan pokok BBNKB II, penghapusan denda PKB, pembebasan pajak progresif, dan pembebasan denda SWDKLLJ.

4. Bengkulu
Pemutihan di Bengkulu berlaku dari 4 Juni hingga 30 November 2024 dan mencakup pembebasan BBNKB untuk kepemilikan kedua dan seterusnya sesuai Keputusan Gubernur Bengkulu Nomor E290.BPKD.2024.

5. Lampung
Program pemutihan pajak kendaraan bermotor di Lampung berlaku mulai 2 September 2024 hingga 16 Desember 2024. Dikutip dari akun Instagram resmi @bapenda_lampung, Minggu (1/9/2024), ada empat program keringanan pajak kendaraan bermotor yang diberikan, yaitu bebas pajak progresif, gratis pengembalian nama kendaraan, bebas denda penghapusan denda pajak kendaraan bermotor dan sumbangan wajib kecelakaan lalu lintas jalan, dan keringanan tunggakan pajak kendaraan bermotor sebesar 50-70%.

6. Jawa Barat
Jabar menawarkan diskon 10% untuk PKB tahunan kendaraan yang terdaftar di wilayah hukum Polda Jabar, berlaku mulai 1 April hingga 23 Desember 2024. Dengan syarat, diskon 10% pajak kendaraan bermotor satu tahunan khusus untuk kendaraan yang terdaftar di wilayah hukum Polda Jabar.

Lalu e-KTP atas nama pribadi, STNK dan SKKP Asli (bukan foto). Pembayaran dilakukan melalui Qris, virtual account atau debit EDC (GPN).

7. Jawa Tengah
Pemutihan di Jateng berlangsung hingga 19 Desember 2024, mencakup pembebasan BBNKB II, diskon pajak tahunan, pembebasan biaya pajak progresif, dan keringanan tunggakan PKB.

8. Bali
Bali menyelenggarakan pemutihan pajak dari 14 Agustus hingga 30 September 2024, termasuk penghapusan denda PKB dan BBNKB, serta pembebasan pokok BBNKB II.
Program pemutihan pajak ini diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat dengan memberikan kesempatan untuk melunasi kewajiban tanpa dikenakan denda tambahan.

BERITA TERKAIT