test

Kesehatan

Jumat, 6 Maret 2020 10:01 WIB

Bukan Hanya Masker, Ini Cara Efektif Hindari Virus Corona

Editor: Ferro Maulana

Penggunaan masker bisa mencegah penyebaran virus corona (Foto: Dok PMJ News)

PMJ - Di tengah merebaknya isu virus corona memang membuat masyarakat khawatir. Penggunaan masker menjadi pilihan kebanyakan orang. Selain masker, Respirator juga bisa menjadi pelindung penyebaran virus ini.

Respirator atau alat pelindung pernapasan juga dinilai mampu melawan penularan virus. Alat ini cenderung memiliki filter udara khusus, dirancang khusus untuk melindungi terhadap partikel-partikel udara yang berpotensi berbahaya.

Namun selain harga respirator lebih mahal daripada masker biasa, keefektifan alat itu pun masih dipertanyakan mengingat harus dipasang dengan sempurna dan dipakai terus-menerus.

Seorang profesor virologi molekuler di Universitas Nottingham, Inggris, Jonathan Ball menyebut masker sama baiknya dengan respirator atau alat pelindung pernapasan, yang dibuat khusus dalam mencegah penularan influenza.

"Namun, ketika melihat studi lain yang melihat keefektifannya dalam populasi umum, datanya kurang menarik, menjadi tantangan untuk memakai pelindung wajah dalam jangka waktu yang lama," ungkap Prof Ball, seperti dilansir laman BBC, Jumat (6/3/22020).

Pendapat lain dikemukakan Dr Connor Bamford, dari Wellcome-Wolfson Institute for Experimental Medicine, di Queen's University Belfast. Ia mengatakan, seseorang akan jauh lebih efektif menerapkan langkah-langkah kebersihan yang sederhana.

"Menutup mulut Anda saat bersin, mencuci tangan, dan tidak meletakkan tangan ke mulut sebelum mencucinya, dapat membantu membatasi risiko tertular virus pernapasan," tutur Connor.(Hdi)

BERITA TERKAIT