test

Politik

Jumat, 15 November 2019 14:20 WIB

Menko Luhut Jelaskan Tentang Pemindahan Ibu Kota Baru

Editor: Ferro Maulana

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Dok Net)

PMJ - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menerangkan, hal-hal apa saja yang dibahas tentang pemindahan ibu kota baru, di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), hari ini Jumat (15/11/2019).

Sekarang, seluruh pihak tengah mempersiapkan perencanaan hingga pemindahannya. Maka diharapkan, pembangunan di ibu kota baru bisa selesai dalam kurun waktu tiga tahun.

"Tadi persiapkan semua mengenai perencanaannya, pemindahannya. Jadi kita sepakat perencanaan bisa selesai setahun dengan matang sehingga pembangunan tiga tahun cukup," ungkap Menko Luhut di Kementerian PPN, Jumat (15/11/2019).

Kemudian, Menko Luhut juga berharap konstruksi bisa mulai dibangun pada akhir 2020. Tetapi, tidak menutup kemungkinan konstruksi akan dilaksanakan lebih lama lagi yaitu awal 2021.

"Mungkin tahun depan sudah mulai konstruksinya, antara akhir tahun depan atau awal 2021,” katanya lagi.

Sementara itu, Luhut juga menyinggung perihal Badan Otorita Persiapan, Pemindahan, dan Pembangunan Ibu Kota. Menurut ia, badan itu sudah berjalan dan Perpres bakal segera dilaporkan kepada Presiden Jokowi pada Senin nanti.

"Kalau Badan Otorita sedang jalan. Kalau Perpres lagi dikerjain Pak Suharso, Dia yang akan lapor ke Presiden hari Senin," tuturnya.

"Nanti kita lihat, harus cepat karena kita berpacu pada waktu. Kita mungkin sepakat jangan kasih birokrat tapi kasih profesional, calon kepalanya belum tahu," tandasnya. (FER).

BERITA TERKAIT