test

Politik

Senin, 14 Oktober 2019 09:28 WIB

Luhut Bantah Pemerintah Akan Menutup Pulau Komodo

Editor: Redaksi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan. (foto: IG @kemenkomaritim)

PMJ – Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan pemerintah tidak akan menutup Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT). Luhut menjelaskan bahwa pemerintah hanya akan menata pulau tersebut menjadi destinasi pariwisata yang bisa menyerupai wisata di Afrika.

"Pulau Komodo enggak ada rencana penutupan Komodo. Kita ingin menata Komodo menjadi tourist destination. Jadi, seperti di Afrika ada tempat safari," kata Luhut di kantor Kemenko Kemaritiman, belum lama ini.

Selain pengembangan tersebut, pemerintah juga akan membuat pusat riset sehingga nantinya pulau yang menjadi lokasi Taman Nasional Komodo itu bisa lebih teratur. "Itu kayak dinosaurus di Komodo, mau dibikin research center, kita mau atur, supaya engak jadi semrawut,” tegasnya.

“Jadi jangan khawatir enggak dapat kerjaan. Dengan adanya penataan begini, maka nanti penduduk setempat akan lebih sejahtera," tegas mantan Kepala Staf Kepresidenan ini,” sambungnya.

Luhut menerangkan, pulau lain yakni Pulau Rinca dan pulau-pulau kecil dekat Pulau Komodo juga ditinggali komodo sehingga akan dibuat secara eksklusif riset yang bagus, penginanap yang baik sehingga para wisatawan bisa datang dan mengeluarkan dana yang besar.

"Pulau Rinca ada Komodo juga, Pulau Komodo ini akan dibikin eksklusif dengan research yang bagus, penginapan oke. Kalau mau ke situ, keluarin lah uang berapa banyak," ujar Luhut. (BHR)

BERITA TERKAIT