test

News

Jumat, 31 Juli 2020 12:01 WIB

Usai Dengarkan Khotbah Wukuf dan Naiki Bukit Arafah, Jemaah Haji Bersiap Lempar Jumrah

Editor: Ferro Maulana

Lempar Jumrah. (Foto: PMJ/ Istimewa).

PMJ - Hari ini Jumat (31/07/2020), seluruh jemaah Haji telah tiba di Muzdalifah untuk beristirahat sejenak usai melaksanakan wukuf di Padang Arafah.

Namun sebelum itu jemaah Haji mendengarkan khotbah wukuf yang disampaikan oleh Syekh Abdullah Al Manea serta melaksanakan Sholat Dzuhur dan Ashar di Masjid Al Namirah di Arafah.

Kemudian para jemaah Haji menaiki puncak Bukit Arafah, kawasan berbatu dekat Kota Makkah. Di sana jemaah membaca ayat-ayat suci Alquran, berdoa, dan bertobat kepada Allah SWT.

Tahun ini jumlah jemaah Haji sangat dibatasi akibat masih terjadi pandemi virus corona (covid-19), sehingga membuat bukit Arafah tampak tidak dipenuhi banyak orang, tidak sepenuh tahun-tahun sebelumnya.

Untuk diketahui pada musim Haji sebelumnya, bukit Arafah bagaikan lautan manusia saat waktu wukuf. Mereka menggunakan payung-payung untuk melindungi diri dari panas matahari yang menyengat.

Wukuf atau berdiam diri dan beribadah di Padang Arafah digambarkan sebagai puncak dari prosesi Haji. Jemaah Haji dari seluruh dunia pun merefleksikan wukuf ini sebagai tobat dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT.

Setelah itu jemaah Haji meninggalkan Padang Arafat dan mulai mempersiapkan diri untuk berangkat ke Muzdalifah pasca matahari terbenam dan melaksanakan salat Maghrib serta Isya di sana.

Berikutnya para jamaah haji akan beristirahat dan tidur. Selanjutnya melaksanakan salat Subuh dan berangkat ke Mina untuk lempar jumrah. (Arab News/ FER).

BERITA TERKAIT