test

News

Jumat, 6 Desember 2019 19:00 WIB

Bandara Kertajati Jadi Lokasi Pemberangkatan Jemaah Haji pada 2020

Editor: Ferro Maulana

Bandara Kertajati. (Foto: Dok Net)

PMJ - Pemerintah memutuskan akan menggunakan Bandara Kertajati di Jawa Barat, pada musim Haji 1441H/ 2020 M. Keputusan tersebut dijelaskan Menteri Agama Fachrul Razi setelah mengadakan pertemuan dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

“Kami sepakat bahwa tahun ini kami harus langsung memberangkatkan jemaah Haji dari Bandara Kertajati. Hambatan-hambatan pasti ada lah. Tapi nanti akan kita pecahkan bersama,” tutur Menag Fachrul Razi, di Jakarta, Jumat (06/12/2019).

Pertemuan yang berlangsung selama 45 menit ini dihadiri jajaran Kementerian Perhubungan, Kementerian Perhubungan, Pemerintah Daerah Jawa Barat, perwakilan Garuda Indonesia, dan pihak stakeholder lainnya.

Dalam mempercepat proses penyiapan Bandara Kertajati, Menag Fachrul Razi mengaku telah memerintahkan jajarannya untuk segera membentuk tim kecil.

“Kita akan memecahkan hambatan-hambatan yang masih ada secepatnya,” ujar Menag.

Sementara itu, Menhub Budi Karya juga sepakat untuk mempercepat proses persiapan penggunaan Bandara Kertajati untuk jemaah Haji.

“Terkait dengan hambatan, akan kita selesaikan. Dan yang hebat Pak Menteri Agama sudah menugaskan kepada kita semuanya, Minggu depan sudah mulai kerja untuk menyelesaikan masalah Kertajati ini,” ujar Budi Karya menambahkan.
Ia melanjutkan, pemerintah menargetkan ada 20 penerbangan yang akan diberangkatkan pada musim haji 2020 melalui Bandara Kertajati.

“Yang di Kertajati nanti akan kita lihat. Kita mengharapkan ada paling tidak sekitar 20 flight minimal. Karena itu tiga kabupaten yang terdekat. Tapi kalau lebih banyak lebih bagus, minimal 20 flight,” tutup Budi Karya. (FER).

BERITA TERKAIT