test

Hukrim

Jumat, 24 April 2020 19:38 WIB

Kepergok Curi Kotak Amal, Pria Ini Digebuki Warga

Editor: Hadi Ismanto

Pencurian kotak amal (Foto: Ilustrasi/PMJ News)

PMJ - Seorang pria kepergok warga tengah mencuri kotak amal di di Musala Al-Ikhlas, Jaticempaka, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi. Tersangka yang berinisial FFS ini sempat menjadi bulan-bulanan warga.

Kanit Reskrim Polsek Pondok Gede, AKP Supriyanto membenarkan kasus pencurian ini. Kini FFS tengah diperiksa penyidik. Kepada petugas, pelaku mengaku nekat melakukan aksinya itu lantaran lapar belum makan.

"Pelaku kelaparan, karena tidak bisa bekerja sejak adanya pandemi Covid-19," ujar AKP Supriyanto kepada awak media, Jumat (24/4/2020).

Supriyanto menjelaskan, awalnya FFS mempunyai niat mencuri saat melintas di depan musala. Seketika itu, pelaku masuk ke dalam gudang tempat penyimpanan kotal amal itu.

Dengan mendobrak gudang, kata Supriyanto, tersangka mencongkel kotak amal menggunakan baut besi yang kebetulan dibawanya. Setelah mencongkel, pelaku pun langsung mengambil semua uang yang ada di dalam kotak amal.

Namun saat tengah menghitung uang hasil curian, salah seorang saksi memergokinya. Setelah tepergok, FFS langsung melarikan diri. Saksi kemudian berteriak maling hingga mengundang perhatian warga.

"Pelaku kabur dengan melompat tembok, namun warga banyak yang mengejar dan melakukan pengepungan wilayah," ucapnya.

Menurut Supriyanto, FFS telah mengaku menggasak uang sebanyak Rp1,4 juta dari dua kotak amal. Penyidik juga mengamankan dua kotak amal warna hijau, satu baut besi panjang sekitar 20 cm, 1 jaket, serta uang tunai Rp1,4 juta.

"Pelaku dikenai Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT