test

Kesehatan

Kamis, 11 Januari 2024 12:05 WIB

Catat, Ini Lima Tips Mudah untuk Cegah Flu di Musim Hujan

Editor: Hadi Ismanto

Ilustrasi orang sedang sakit flu. (Foto: PMJ News/Hadi)

PMJ NEWS - Di musim penghujan yang terjadi belakangan ini kerap disertai angin kencang dan tingkat kelembaban tinggi. Kondisi ini memungkinkan Anda terserang flu dan batuk.

Gejala flu ditandai dengan bersin berulang kali dan menyebabkan perubahan suhu tubuh dan tersumbatnya saluran pernapasan. Selain itu, badan akan terasa pegal-pegal, terutama di bagian sendi.

Kendati begitu, Anda tidak perlu panik. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (11/1/2024), berikut sederet tips untuk mencegah terkena flu dan penularannya:

1. Rutin Mencuci Tangan
Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dapat membasmi kuman penyebab penyakit, termasuk virus flu yang menempel di tangan. Anda disarankan mencuci tangan, terutama sebelum mengonsumsi atau mengolah makanan dan setelah buang air besar atau buang air kecil.

Bila tidak menemukan air, Anda bisa mencuci tangan dengan hand sanitizer. Dengan menggunakan hand sanitizer, tangan jadi lebih bersih dan aman bila memegang makanan atau minuman. Baca Juga 6 Tips Merias Mata agar Terlihat Fresh, Nomor 1 Memberi Efek Dramatis

2. Konsumsi Vitamin dan Suplemen
Mengonsumsi vitamin, khususnya vitamin C, akan memperkuat kekebalan tubuh. Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi suplemen yang mengandung zinc, salah satu elemen yang dibutuhkan oleh tubuh agar sistem kekebalan berfungsi dengan baik.

3. Perbanyak Minum Air
Saat gejala flu muncul penting untuk segera minum lebih banyak air atau jus untuk menghindari gejala dehidrasi seperti sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Tidak hanya dengan minum, Anda bisa konsumsi sup ayam atau sayur bayam untuk memenuhi kebutuhan cairan.

4. Berkumur dengan Air Garam
Cara alami untuk mengatasi gatal di tenggorokan adalah konsumsi segelas air hangat yang ditambahkan setengah sendok teh garam dapur.

Hal ini karena garam mampu menarik keluar kelebihan air dalam jaringan tenggorokan, mengurangi peradangan, dan membersihkan lendir serta meringankan iritasi di tenggorokan.

5. Istirahat yang Cukup
Faktanya, tubuh tidak mampu melawan virus dengan lebih baik jika tubuh tak mendapatkan istirahat yang cukup. Setelah gejala muncul, sebaiknya segera beristirahat. Agar semakin nyenyak, Anda bisa terlebih dulu mandi dengan air hangat guna meningkatkan kualitas tidur.

BERITA TERKAIT