test

News

Sabtu, 30 Desember 2023 16:03 WIB

Kemenhub Perkirakan Arus Balik Libur Tahun Baru Terjadi 1 dan 2 Januari

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi disebuah kesempatan. (Foto: PMJ News/Dok Kemenhub)

PMJ NEWS - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan puncak arus balik libur Tahun Baru akan terjadi pada tanggal 1 dan 2 Januari 2024. Masyarakat diimbau untuk mengatur perjalanan untuk menghindari kemacetan di jalur Tol Trans Jawa.

"Kami pantau bahwa belum banyak yang pulang ke tempat asal. Kami ingatkan bahwa tanggal 1 dan tanggal 2 itu adalah masa puncak," ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Sabtu (30/12/2023).

"Oleh karenanya kami mengusulkan pulang ke tempat asal hari ini tanggal 30 atau tanggal 31 atau sekalian tanggal 3 atau 4 karena di tanggal 1 dan 2 itu satu waktu yang padat sekali. Insyaallah para pemudik dan wisawatan Indonesia mengerti akan hal itu," sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Menhub Budi mengimbau kepada masyarakat agar tidak memaksakan diri untuk menggunakan rest area di jalan tol jika sudah penuh.

Dia juga menyarankan kepada para pengendara untuk tidak berhenti di bahu jalan, karena membahayakan keselamatan dan berpotensi menimbulkan kemacetan.

"Jika lelah, masyarakat bisa keluar tol di kota terdekat, dan bisa istirahat di tempat-tempat yang telah disiapkan. Lebih aman dan leluasa," tuturnya.

Menhub meminta agar masyarakat selalu mengupdate informasi terkini dari media sosial resmi milik operator jalan tol dan Kepolisian, sehingga mengetahui informasi terkait rekayasa lalu lintas yang sedang diterapkan pada saat itu.

"Kami juga mengimbau untuk mengemudi dengan baik, tidak menyerobot jalur dan patuhi petunjuk dari petugas di lapangan. Pastikan prokes juga tetap dilaksanakan dengan baik," tukasnya.

BERITA TERKAIT