test

News

Senin, 6 November 2023 17:10 WIB

Wujudkan Pemilu Damai, Polri Gelar Pelatihan Strategi Operasi Mantap Brata

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan. (Foto: Jurnas/Ist).

PMJ NEWS - Mabes Polri menggelar pelatihan olah strategi dalam rangka pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2023-2024 yang diikuti oleh seluruh satgas, Kapolda dan Kapolres seluruh Indonesia pada hari ini, Senin (6/11/2023).

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan dalam kegiatan tersebut total diikuti oleh ribuan personel anggota Polri.

“Hari ini Mabes Polri melaksanakan latihan olah strategi di dua gedung. Yang pertama yaitu di Gedung Utama Ruang Pusdalsis sebagai lokasi pengendali operasi, yang dipimpin oleh Asops Kapolri sebagai Dir Latihan bersama dengan perangkat latihan,” ujar Ramadhan dalam keterangannya, Senin (6/11/2023).

“Kemudian di gedung Presisi lantai 7 yang diikuti oleh seluruh satgas, ada 9 satgas di Operasi Mantap Brata tingkat pusat, dan di daerah diikuti 34 Kasatgas atau Kapolda serta 528 Kapolres yang bergabung secara zoom,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Ramadhan menjelaskan bahwa pelatihan tersebut dilakukan untuk memantapkan kemampuan anggota di seluruh tingkatan atau level, mulai dari level strategi, manajerial hingga level taktikal.

Adapun pelatihan untuk level strategi itu adalah pimpinan, sementara level manajerial ada pada Kasatgas, dan sedangkan level taktikal yaini Kasubsatgas dan pelaksana lainnya.

“Jadi semua mengakomodir, mengkolaborasi latihan dari level strategi, manajerial dan taktikal” ucapnya.

Ramadhan menambahkan perihal perbedaan pelaksanaan Operasi Mantap Brata tahun ini dengan sebelumnya pada lima tahun lalu yakni adanya latihan olah strategi yang mengolaborasikan semua level.

Sehingga seluruh personel bisa meningkatkan kemampuan semua level yang ke depannya bisa mengoptimalkan pelaksanaan Operasi Mantap Brata, seperti Kasatgas yang harus memahami apa tugasnya, sehingga  secara manajerial melaksanakan apa yang dilakukan, menganalisa apa yang dikerjakan dan menjabarkan pelaksanaan tugas.

“Sedangkan level manajerialnya menerima perintah kemudian bisa menjabarkan dan membagi di subsatgas masing-masing. Kemudian para pelaksana Subsatgas menerima pelaksanaan tugas, menerima perintah melaksanakan tugas dan melaporkan ke pimpinan. Tentu semua ini demi terwujudnya Pemilu aman, tertib, damai dan lancar,” jelasnya.

BERITA TERKAIT