test

News

Kamis, 26 Oktober 2023 17:08 WIB

Tangkap Tiga Kurir Narkoba dari Malaysia, Polisi Sita 25 Kilogram Sabu

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Fajar Ramadhan

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol M Syahduddi menggelar konferensi pers pengungkapan kasus narkoba. (Foto: PMJ News/Fajar)

PMJ NEWS - Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat menangkap tiga orang pengedar narkotika jenis sabu berinisial RG, MI, dan ZF yang diselundupkan dari Malaysia ke Indonesia.

"Seluruh tersangka yang diamankan menyatakan bahwa jaringan ini merupakan jaringan peredaran narkotika jenis sabu dari Malaysia, Aceh, kemudian Jakarta, Bogor, dan Cianjur,” ujar Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol M Syahduddi dalam konferensi pers, Kamis (26/1/2023).

Syahduddi menuturkan, dalam pengungkapan tersebut terdapat 4 lokasi tempat kejadian perkara. TKP pertama yakni penangkapan tersangka RG di depan ruko di kawasan Bogor dengan barang bukti sabu seberat 547 gram.

Selanjutnya di TKP kedua di wilayah Cianjur, Jawa Barat, dengan barang bukti dua paket sabu seberat 1 kg dan 325 gram. Pengungkapan tersebut kemudian dikembangkan lagi ke TKP ketiga di kawasan Karawaci, Tangerang dengan barang bukti 2.105 gram atau 2,1 kg.

Selanjutnya diperoleh informasi lokasi keempat di salah satu hotel di sekitar Bandara Soekarno Hatta dengan barang bukti 21.150 gram sabu atau 21,1 kg dari tersangka ZF.

"Dari tiga orang tersangka ini kan dua orang Aceh yang juga berperan sebagai seorang kurir, kemudian satu lagi ini warga Cianjur Jawa Barat yang memang berperan sebagai kurir yang mengedarkan narkotika di wilayah Cianjur dan sekitarnya, termasuk Bogor,” tuturnya.

"Totalnya kurang lebih sekitar 25,1 kg barang bukti sabu yang berhasil diamankan pada pengungkapan tindak pidana narkoba saat ini,” sambungnya.

Para tersangka dalam kasus tersebut dijerat dengan Pasal 114 ayat 2 juncto Pasal 132 ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 juncto Pasal 132 ayat 2 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman pidana hukuman mati atau penjara seumur hidup.

BERITA TERKAIT