test

News

Selasa, 17 Oktober 2023 12:02 WIB

Eks Wakil Ketua KPK Saut Situmorang Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Eks Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. (Foto: PMJ/Fajar).

PMJ NEWS - Eks Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2015-2019, Saut Situmorang, datang ke Polda Metro Jaya memenuhi panggilan penyidik untuk menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo.

Saut tiba di Polda Metro Jaya sekitar pukul 10.03 WIB dengan mengenakan topi serta kaos hitam bertuliskan #ReformasiDikorupsi dan balutan lengan panjang berwarna biru gelap. Ia tidak mengelak ketika dinilai diperiksa sebagai ahli dalam kasus tersebut.

“Iya walaupun gak ahli-ahli banget lah. Tapi mungkin penyidik nganggep saya ahli, ya oke silakan,” ujar Saut di Polda Metro Jaya, Selasa (17/10/2023).

Lebih lanjut, Saut menyampaikan bahwa akan menyampaikan seluruhnya karena tidak ada yang ditutup-tutupi.

“Bukan soal buka-bukaan, kamu kayaknya ada yang ditutup-tutupi. Kayaknya gak ada yang ditutupi di sini, gak boleh ditutupi di sini, itu menghalangi penyidikan,” kata Saut.

Diberitakan sebelumnya, penyidik Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya terus melakukan pengusutan terkait dengan kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo diduga oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi.

Hari ini Selasa (17/10/2023) penyidik rencananya akan memanggil sejumlah saksi, salah satu diantaranya yakni eks pejabat yang di KPK untuk menjalani pemeriksaan.

“Untuk jadwal pemeriksaan terhadap para saksi yang akan dilakukan, 1 orang saksi dari eks Wakil Ketua KPK RI periode tahun 2015-2019,” ujar Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Selasa (17/10/2023).

Selain itu, Ade Safri menyampaikan, saksi lain yang akan dipanggil hari ini untuk menjalani pemeriksaan sebanyak 5 orang, yakni 3 orang saksi dari pejabat eselon 1 di lingkungan Kementerian Pertanian RI, dan 2 orang saksi dari para ajudan pejabat eselon 1 di lingkungan Kementerian Pertanian RI.

Kendati demikian, Ade Safri tidak mengungkap sosok siapa saja yang akan menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya hari ini.

Namun melalui penelusuran yang dilakukan awak media, sosok mantan Wakil Ketua KPK periode 2015-2019 yang akan diperiksa yaitu Thony Saut Situmorang atau yang dikenal Saut Situmorang.

Saut Situmorang ketika dikonfirmasi mengenai hal tersebut juga membenarkan adanya panggilan yang diterima dirinya untuk pemeriksaan.

“Ditelpon, trus aku bilang iya, aku dateng,” kata Saut saat dihubungi.

BERITA TERKAIT