test

News

Kamis, 31 Agustus 2023 13:22 WIB

Dikritik Soal Mobil Pejabat Bebas Pakai Bahu Jalan, Polisi: Itu Pelanggaran

Editor: Hadi Ismanto

Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan. (Foto: PMJ News/ Fajar)

PMJ NEWS - Polda Metro Jaya menanggapi kritik yang disamapaikan pengacara kondang Hotman Paris terkait mobil dinas pejabat yang tidak dikenakan sanksi tilang ketika melintas di bahu jalan tol.

Wakil Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, AKBP Doni Hermawan mengatakan semua kendaraan yang melintas di bahu jalan tol akan dikenakan sanksi tilang, termasuk mobil pejabat.

"Saya sudah menyampaikan kepada seluruh personil, terutama bagi yang menemukan kendaraan-kendaraan yang tidak sesuai, tidak semestinya menggunakan bahu jalan, itu udah jelas pelanggaran lalu lintas," ungkap Doni Hermawan dikutip pada Kamis (31/9/2023).

Lebih lanjut Doni meminta kepada personel di lapangan untuk menindak tegas segala bentuk pelanggaran lalu lintas tanpa pandang bulu. Termasuk pelanggaran penggunaan bahu jalan untuk kendaraan, terutama di jalan tol

"Pak Dirlantas sudah tegas menyampaikan kepada seluruh jajaran, personil lalulintas Metro Jaya untuk menindak, menegur, kepada semua pelanggar lalu lintas yang disampaikan banyak pakai bahu jalan untuk menggunakan kendaraan terutama di jalan tol," tambahnya.

Doni juga menyampaikan pihaknya telah banyak melakukan peneguran mobil Dinas yang masih kedapatan melintas di bahu jalan tol. Adapun bentuk teguran yang diberikan yakni hanya berupa sanksi tilang.

"Saya kira sudah banyak yang kita tegur, cuma tidak terekspos. Jadi memberikan teguran itu juga tidak dengan tilang saja. Dengan memberhentikan itu bagian daripada sebuah bentuk tindakan dari petugas untuk meminimalisir atau mencegah terjadinya pelanggaran," tukasnya.

Sebelumnya, Hotman Paris Hutapea merasa geram dengan banyaknya mobil-mobil dengan pelat nomor dinas kepolisian maupun TNI yang bebas melewati bahu jalan tol tanpa dikenai sanksi berupa tilang.

"Saya melihat dengan mata sendiri begitu banyak begitu banyak mobil-mobil pejabat bahkan dengan sirine ada yang mobil nomor tentara TNI, nomor polisi lewat di bahu jalan bebas melenggang nggak apa-apa," tulis akun instagram @hotmanparisofficial.

BERITA TERKAIT