test

Kesehatan

Kamis, 24 Agustus 2023 17:43 WIB

Dampak Polusi Udara, Menkes: Pasien ISPA di DKI Meningkat Capai 200 Ribu

Editor: Ferro Maulana

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Instagram).

PMJ NEWS -  Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, pasien infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) di wilayah DKI Jakarta meningkat signifikan akibat polusi udara.

Menkes kembali mengatakan, pasien jumlah kasus  ISPA sebelum pandemi Covid-19 tercatat sebanyak 50.000. Namun saat ini meningkat hingga menjadi 200.000 kasus.

“Yang kena (ISPA) sekarang sudah naik 200 ribuan kasus. Itu ada akibat dari polusi udara,” ucapnya, di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (24/8/2023).

Menurut Menkes, polusi udara menyebabkan penyakit pernapasan. Antara lain, mulai dari yang paling berat kanker paru, TBC, paru obstruksi kronis, asma, dan pneumonia.

Ia menjelaskan total klaim BPJS atas kelima penyakit pernapasan itu mencapai Rp10 triliun. Jumlah klaim tersebut diperkirakan meningkat seiring dengan naiknya kasus ISPA.

“Pasti tahun ini kalau lebih banyak yang kena itu akan naik,” tandasnya.

Masih dari keterangannya, pihaknya bergerak di sisi hilir. Sehingga tidak dapat berbuat banyak dalam mengatasi penyebab ISPA tersebut.

“Jadi posisi saya adalah meng-encourage agar sektor-sektor di hulu. Yaitu ada sektor energi, transportasi, lingkungan hidup, supaya bisa memperketat emisi partikel-partikel ini sehingga kita yang di hilir tekanannya berkurang," pungkasnya.

 

BERITA TERKAIT