test

News

Rabu, 6 Januari 2021 17:00 WIB

Menkes Targetkan Vaksinasi 1,6 Juta Nakes Selesai Februari

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: PMJ News/Instagram @kemenkes_ri).

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyebut tahap pertama program vaksinasi bagi tenaga kesehatan ditargetkan sebanyak 1,6 juta. Pelaksanaannya diperkirakan selesai paling lambat Februari 2021.

"Tahap pertama yang 1,6 juta tenaga kerja kesehatan ini kami rencanakan selesai di bulan Januari dan Februari," ujar Menkes Budi Gunadi dalam konferensi pers seusai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo dan para gubernur, Rabu (6/1/2021).

Untuk tahap selanjutnya, kata Budi, Kemenkes menargetkan jumlah vaksinasi lebih besar. Rencananya, tahap ini akan dimulai bulan Maret atau April 2021.

"Tahapan berikutnya yang lebih besar yaitu tahapan untuk 17,4 juta tenaga layanan publik dan 21,5 juta rakyat dengan usia lanjut. Nah kami harapkan bisa kita mulai di bulan Maret atau April tahun ini juga," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Budi juga menyampaikan sebanyak 1,2 juta vaksin Covid-19 mulai disalurkan ke daerah. Diketahui, pengiriman vaksin ini sudah dilaksanakan sejak hari Minggu (3/1/2021) lalu.

"Alhamdulillah, di Minggu malam kami sudah mulai mengirimkan 1,2 juta vaksin ke 34 provinsi di seluruh Indonesia. Kami harapkan vaksinnya dikirim bertahap mulai tanggal 3, 4 dan 5 bisa selesai. Didistribusikan paling lambat tanggal 7 Januari di 34 provinsi seluruh Indonesia," tukasnya.

Program vaksinasi Covid-19 rencananya akan dilakukan pada pekan kedua bulan Januari 2021. Namun, kata Budi, pelaksanaannya masih menunggu izin BPOM untuk penggunaan vaksin.

BERITA TERKAIT