test

News

Rabu, 26 Juli 2023 10:44 WIB

Presiden Lantik 833 Perwira TNI-Polri dan Anugerahkan Gelar Adhi Makayasa

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi melantik dan mengambil sumpah 833 perwira dari matra TNI dan Kepolisian. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil sumpah 833 perwira dari matra TNI dan Polri. Upacara berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/7/2023) pagi.

Para perwira itu adalah lulusan dari Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara, dan Akademi Kepolisian. Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 52/TNI Tahun 2023 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 53/Polri Tahun 2023.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," ucap Jokowi mendiktekan sumpah perwira TNI dan Polri.

"Khusus perwira TNI, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi sumpah prajurit dan sapta marga," kata Jokowi diikuti perwira TNI.

"Khusus perwira Polri, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi Tri Brata dan Catur Prasetya," sambung Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga menyematkan penghargaan kepada lulusan terbaik tiap-tiap akademi. Jokowi menganugerahkan Adhi Makayasa kepada empat perwira TNI dan Polri.

Hadir dalam acara ini Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Seskab Pramono Anung, hingga Ketua MPR Bambang Soesatyo.

BERITA TERKAIT