test

News

Selasa, 25 Juli 2023 10:24 WIB

Dokkes Polda Metro Periksa Tanda Vital 3 Korban TPPO Ginjal

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Tiga korban TPPO Ginjal diperiksa di Dokkes Polda Metro Jaya. (Foto; PMJ/Ist).

PMJ NEWS - Sebanyak 3 orang saksi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) penjualan ginjal mendatangi Polda Metro Jaya pada hari Senin (24/7/2023) malam.

“Kami menerima 3 pasien, yang informasinya adalah sudah mengalami operasi pengambilan ginjal,” ujar Kabid Dokkes Polda Metro Jaya Kombes Hery Wijatmoko di Polda Metro Jaya, Selasa (25/7/2023).

Salah satu korban yang tidak disebutkan identitasnya itu mengaku menjalani operasi transplantasi ginjal pada 25 Juni 2023. Mereka dikatakan dalam kondisi yang cukup bagus setelah proses operasi bulan lalu.

“Rata-rata sudah sembuh semua, jadi walaupun baru 1 bulan tapi secara fisik kondisi luka pasca operasinya cukup bagus,” kata Hery.

Hery menuturkan, pemeriksaan kesehatan awal yang dilakukan oleh pihaknya yakni mengecek kondisi vital dari korban seperti tensi tekanan darah, denyut nadi, serta laju pernapasan (respirasi).

“Kemudian ada keluhan-keluhan apa yang dirasakan oleh pasien tersebut, kemudian dilakukan pemeriksaan daerah luka yang bekas operasinya,” ucapnya.

“Dan nanti akan kita tindak lanjuti dengan pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan radiologi untuk menentukan (bagian mana) organ yang diambil tersebut,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Hery menambahkan pihaknya juga akan memberikan pendampingan psikologis kepada korban dan nantinya akan berkoordinasi dengan Polda lain perihal lokasi tempat tinggal korban.

“Kemudian kami juga akan tetap mendampingi secara psikologis kepada pasien tersebut dan nanti akan bekerja sama dengan Polda-Polda lain di jajaran apabila pasien tersebut bertempat tinggal di luar jajaran Polda Metro Jaya,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT