test

News

Minggu, 25 Juni 2023 18:06 WIB

Kemenhub Batasi Angkutan Barang Saat Idul Adha, Berikut Daftar Jalannya

Editor: Ferro Maulana

Angkutan barang melintasi jalan tol. (Foto: PMJ/ Dok Net).

PMJ NEWS -  Kementerian Perhubungan siap melakukan pembatasan angkutan barang selama periode cuti bersama dan libur nasional Idul Adha pada 27-30 Juni 2023 mendatang.

Adapun aturan itu tertulis dalam Keputusan Bersama Nomor: KP-DRJD 4583 Tahun 2023 dan SKB/89/VI/2023 Tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Selama Masa Libur Panjang Memperingati Hari Raya Idul Adha 2023 yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Hendro Sugiatno bersama Korlantas Polri.

Hendro menerangkan, pengaturan pembatasan operasional angkutan barang dilakukan terhadap mobil barang dengan Jumlah Berat Yang Diizinkan (JBI) lebih dari 14.000 kg.

Kemudian, mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih, mobil barang dengan kereta tempelan dan gandengan, maupun mobil barang yang digunakan untuk pengangkutan seperti hasil galian meliputi tanah pasir dan/atau batu, hasil tambang, bahan bangunan.

Sementara itu, waktu pembatasan operasional angkutan barang diberlakukan mulai pada 27 Juni 2023 pukul 16.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB.

Berikutnya, pada 28 Juni 2023 pukul 06.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

Dilanjutkan 2 Juli 2023 pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB. “Pembatasan operasional angkutan barang tidak berlaku bagi angkutan barang pengangkut bahan bakar minyak atau bahan bakar gas, hantaran uang, hewan ternak, pupuk, pakan ternak, dan barang pokok.” tutur Hendro, dalam keterangannya, Minggu (25/6/2023).

Sedangkan, angkutan barang yang dibatasi harus dilengkapi dengan surat muatan dengan ketentuan diterbitkan oleh pemilik barang yang diangkut, ditempelkan pada kaca depan sebelah kiri angkutan barang.

Angkutan itu juga harus dilengkapi dengan surat muatan yang berisi keterangan mengenai jenis barang yang diangkut, tujuan pengiriman barang, serta nama dan alamat pemilik barang.

Di bawah ini daftar ruas jalan tol dan non-tol yan terdampak pembatasan angkutan barang saat libur Idul Adha 2023:

1.Jalan Tol DKI Jakarta dan Jawa Barat:

Jakarta – Cikampek; Jawa Barat: Cikampek – Purwakarta – Padalarang – Cileunyi dan Cikampek – Palimanan.

2.Jalan Non Tol DKI Jakarta – Jawa Barat:

Jakarta – Bekasi – Cikampek – Pamanukan – Cirebon; Jawa Barat: Cikampek – Purwakarta – Cikalong – Padalarang – Cileunyi.

BERITA TERKAIT