Fokus

Kamis, 30 Juli 2020 11:31 WIB

Idul Adha, Momen Saling Membantu Banyak Orang yang Di-PHK dari Dampak Covid-19

Editor: Ferro Maulana

Kepala BNPB Doni Monardo. (Foto: Dok Net)

PMJ - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Letjen Doni Monardo, menjelaskan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah yang jatuh besok Jumat (31/07/2020) adalah momen saling membantu. Hal itu mengingat banyak orang diputus hubungan kerja (PHK) dari dampak pandemi covid-19.

Doni memaparkan, pemotongan hewan kurban yang dilakukan pada Hari Raya Lebaran Haji kali ini akan sangat bermakna bagi mereka yang di-PHK dan belum mendapatkan pekerjaan karena virus corona.

"Pandemi ini telah mengakibatkan terjadinya pemutusan hubungan kerja bagi banyak saudara kita," ," terang Doni dari BNPB, Jakarta, Kamis (30/07/2020).

"Momentum Idul Kurban adalah saat yang tepat untuk kita membangkitkan rasa kebersamaan dan saling berbagi untuk meringankan beban saudara kita yang saat ini berpotensi mungkin tidak mendapatkan asupan makanan yang sehat dan bergizi," jelas Doni melanjutkan.

Masih dari penuturan Doni, pihaknya mengimbau agar perayaan Idul Adha kali ini tidak terlalu banyak dibatasi oleh pemerintah. Seperti Idul Fitri kemarin, karena masyarakat tetap harus menjalankan protokol kesehatan agar penyebaran Covid-19 terhenti.

“Hari Raya Idul Adha ini harus menjadi momentum untuk kita berdisiplin dan patuh dalam menjalankan protokol kesehatan,” tuturnya.

Lanjut Doni, Satgas Covid-19 saat ini tengah berupaya memperbanyak pemeriksaan dan tracking terhadap kasus Covid-19 sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

“Ada dua hal besar yang saat ini sedang kita perkuat. Yaitu aspek pencegahan mencakup penguatan kapasitas testing, tracing dan treatment, ditambah edukasi, sosialisasi dan komunikasi yang masif serta penyembuhan,” tutupnya. (FER).

BERITA TERKAIT