Politik

Kamis, 30 Juli 2020 13:49 WIB

Besok, Presiden Jokowi Bersama Keluarga Akan Salat Idul Adha di Istana Bogor

Editor: Ferro Maulana

Presiden Jokowi bersama keluarga salat Ied di Istana. (Foto: PMJ/ Istagram Jokowi)

PMJ – Presiden RI Joko Widodo berencana akan melaksanakan salat Idul Adha di Istana Bogor, Jawa Barat, besok Jumat (31/07/2020). Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menerangkan, Presiden Jokowi siap melaksanakan salat bersama keluarga dan tidak ada persiapan khusus.

"Nggak ada persiapan khusus juga. Salatnya juga interen. Dilaksanakan di Bogor dengan keluarga," tutur Heru kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (30/07/2020).

Menurut Heru, Kepala Negara memberikan hewan kurban di seluruh provinsi. Salah satunya di DKI Jakarta yang disalurkan melalui Masjid Istiqlal. "Kurban nanti semua provinsi dan ke Masjid Istiqlal juga satu," ujarnya menambahkan.

Dirinya menjelaskan masing-masing provinsi diberikan hewan kurban dengan bobot antara 800 hingga 1 ton. Heru juga mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepala daerah terkait penyaluran tersebut.

"Disalurkan tiga hari lalu dan mungkin hari ini terakhir. Dari senin kemarin, saya sudah sosialisasikan agar semuanya disalurkan. Ada yang Senin, Selasa, Rabu dan terakhir hari ini," tambah Heru.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Agama, Fachrul Razi menuturkan umat Islam di Tanah Air bisa melaksanakan salat Idul Adha di Masjid atau di lapangan secara berjemaah. Sedikit catatan, tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Pada prinsipnya salah Idul Adha sudah dapat kita lakukan di lapangan atau Masjid," tuturnya.

Tetapi, bagi daerah yang masih belum aman dari Covid-19 sebaiknya tidak melaksanakan salat Idul Adha di masjid atau lapangan. Umat Islam di zona bahaya Covid-19 sebaiknya menunggu imbauan pemerintah daerah atau satuan tugas Covid-19 setempat. (FER).

BERITA TERKAIT