test

News

Kamis, 23 Juni 2022 13:09 WIB

Jokowi: Waspadai Ancaman Krisis Ekonomi dan Politik Global

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Fajar Ramadhan

Presiden Joko Widodo. (Foto: Sekretariat Kabinet)

PMJ NEWS -  Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan berkenaan tantangan yang perlu diwaspadai Indonesia ke depan. Tantangan yang bukan hanya tentang melawan Covid-19, Indonesia perlu bersiap terkait masalah ekonomi dan pangan.

"Tantangan yang kini dan ke depan kita hadapi tidak semakin mudah. Kita masih dalam situasi yang penuh ketidakpastian, yang mengharuskan kita semua harus tetap waspada," ujar Jokowi, Kamis (23/6/2022).

Jokowi kembali menuturkan beberapa tantangan yang perlu dihadapi. Situasi ekonomi dan politik global yang terdampak dari pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih.

Hal itu ditambah dengan konflik perang Rusia-Ukraina yang turut serta mengganggu situasi ekonomi global.

"Sehingga mengganggu supply chain yang dampaknya ke mana-mana. Dampak ekonominya ke mana-mana, memicu peningkatan inflasi di seluruh negara di seluruh dunia," tambahnya.

Kepala Negara juga mewanti-wanti terjadinya krisis pangan dan ancaman krisis energi yang telah menerpa secara global.

"Situasi ini harus menjadi pemahaman kita bersama, agar kita memiliki kepekaan yang sama, memiliki perasaan yang sama, menyikapi  atau menyiapkan respons dan kebijakan yang tepat di seluruh jajaran pemerintahan dari pusat sampai ke daerah," tandasnya.

 

BERITA TERKAIT