test

Kesehatan

Selasa, 13 Juni 2023 10:04 WIB

Wajib Dicoba, Ini Lima Cara Alami Turunkan Kolesterol Tinggi

Editor: Hadi Ismanto

Gejala kolesterol tinggi terkadang sering diabaikan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Kolesterol tinggi adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dokter umumnya menyarankan Anda untuk mencoba menurunkan kolesterol tinggi dengan cara alami. Selain terbukti efektif, langkah ini juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Seperti dikutip dari laman dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (13/6/2023), berikut beberapa cara menurunkan kolesterol secara alami:

1. Perbanyak Asupan Makanan Berserat
Konsumsi makanan berserat juga dapat menurunkan kolesterol secara alami. Serat dapat mengikat lemak, sehingga mampu mengurangi penyerapan kolesterol di dalam usus. Dengan begitu, kolesterol darah pun berkurang.

Untuk memenuhi kebutuhan serat ini, Anda dapat mengonsumsi makanan seperti gandum, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran.

2. Olahraga Teratur
Olahraga secara teratur bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Olahraga dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan trigliserida. American Heart Association merekomendasikan untuk melakukan setidaknya dua setengah jam aktivitas fisik seminggu.

3. Hindari Stres
Sebuah penelitian menyatakan stres jangka panjang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Hal ini karena hormon kortisol dan adrenalin yang dilepaskan ketika stres. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu kelola stres dengan baik.

Itulah beragam cara menurunkan kolesterol secara alami yang bisa Anda lakukan. Hal yang perlu diingat adalah berbagai cara di atas akan efektif bila dilakukan secara konsisten. Selain itu, jangan lupa untuk rutin cek kolesterol sesuai anjuran dokter.

4. Berhenti Merokok
Merokok dapat menaikkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya segera hentikan. Dengan berhenti merokok, tubuh bisa menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) secara cepat.

HDL berfungsi untuk membersihkan kolesterol jahat di dalam darah dan mengembalikannya ke hati. Itulah sebabnya berhenti merokok bisa menjadi cara menurunkan kolesterol secara alami.

5. Diet Sehat
Perubahan gaya hidup sehat untuk jantung seperti diet terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pola makan DASH adalah salah satu contohnya. Selain itu adalah diet perubahan gaya hidup terapeutik, yang bisa menjadi merekomendasikan Anda.

BERITA TERKAIT