test

Kesehatan

Minggu, 13 Juni 2021 11:43 WIB

Cuma 5 Menit, Ini Deretan Olahraga Agar Tetap Sehat

Editor: Hadi Ismanto

Mulai sekarang luangkan waktu lima menit untuk berolahraga. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Kebanyakan orang malas untuk berolahraga, alasannya tidak punya waktu. Mulai sekarang, simpan alasan itu karena olahraga lima menit yang kamu lakukan di sela-sela kesibukanmu.

Olahraga lima menit setiap harinya bisa mendapat berbagai manfaat seperti meningkatkan energi, membuat tidur lebih nyenyak, mencegah berbagai penyakit, mengurangi berat badan berlebih, dan meningkatkan mood.

Seperti dilansir berbagai sumber, Minggu (13/6/2021), berikut beberapa jenis olahraga bisa kamu lakukan dalam waktu singkat. Bahkan hanya sekitar 5 menit.

1. Overhead Stretch
Mulai harimu dengan olahraga singkat di tempat tidur. Caranya cukup tidur terlentang dengan kaki lurus, rentangkan tangan di atas kepala, dan regangkan tubuh mulai dari ujung jari kaki. Kemudian sambil meregangkan tubuh, ambil napas sebanyak 3–4 kali.

Usahakan untuk melakukan gerakan ini sesantai mungkin, ya. Dengan begitu, kamu akan bangun dengan segar dan tentunya menjadikan mood-mu semakin baik.

2. Olahraga Tabata
Olahraga yang satu ini patut kamu coba. Olahraga Tabata memiliki rangkaian gerakan berupa push up, burpees, dan jalan di tempat. Olahraga ini bisa kamu lakukan ketika bangun tidur, dan setiap gerakannya cukup kamu lakukan selama 20 detik.

3. Jalan Kaki
Jalan kaki memang kelihatannya sederhana, tapi ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Jalan kaki bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko penyakit jantung, dan menguatkan tulang.

Untuk melakukan olahraga ringan ini di sela-sela kesibukan, kamu bisa mencoba untuk naik tangga dibandingkan naik lift saat di kantor. Hal ini akan semakin menyenangkan bila kamu lakukan sambil mendengarkan musik favorit.

4. Lompat di Tempat
Menunggu makan siang datang bisa jadi hal yang membosankan. Nah, untuk mengisi waktu luang ini, kamu bisa melakukan gerakan ringan selama 5 menit yang dapat membantu tubuh bugar, seperti lompat di tempat.

5. Tarik Napas Dalam Sebelum Tidur
Setelah lelah beraktivitas, ada baiknya kamu menutup hari dengan gerakan olahraga ringan. Caranya, berbaringlah di tempat tidur dengan posisi senyaman mungkin. Setelah itu, bernapas seperti biasa dan rasakan serta dengarkan setiap embusan napasmu.

Hal ini bermanfaat untuk membuat tidur lebih nyenyak, mengurangi stres, dan membuatmu bangun lebih segar di pagi hari.

 

BERITA TERKAIT