test

Olahraga

Senin, 8 Februari 2021 16:25 WIB

Menpora Sambangi Kapolri, Bahas Perizinan Kompetisi Olahraga

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Adi Maulana Putra

Menpora Zainudin Amali menemui Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri. (Foto: PMJ News/ Adi)

PMJ NEWS - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menemui Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta, Senin (8/2/2021), untuk membicarakan perizinan kompetisi cabang olahraga.

“Tentunya teman media tahu masyarakat merindukan kegiatan olahraga agar bisa bergulir kembali," tutur Zainudin kepada wartawan.

Dalam menyelenggarakan kembali kompetisi olahraga, diperlukan izin keramaian dari kepolisian. Namun demikian, pihaknya juga memahami saat ini masih masa pandemi Covid-19.

Menpora Zainudin Amali menemui Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri. (Foto: PMJ News/ Adi)
Menpora Zainudin Amali menemui Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri. (Foto: PMJ News/ Adi)

"Kita sadari bahwa situasi saat ini masih dalam posisi (upaya) mengatasi pandemi Covid-19. Situasi kita bukan (situasi) normal dan pemerintah sudah menetapkan pemberlakuan PPKM skala mikro. Di dalam berbagai kesempatan saya sampaikan bahwa kami mengutamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat," paparnya menegaskan.

Lebih jauh Zainudin mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Kapolri untuk mencari jalan keluar terbaik terkait penyelenggaraan kompetisi olahraga di masa pandemi.

"Saya sampaikan ke Pak Kapolri untuk cari jalan keluar yang terbaik. Penerapan prokes secara disiplin dan ketat. Kegiatan masyarakat khususnya di bidang pemuda dan olahraga itu tetap bisa berjalan," urai Menpora.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: PMJ News)
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: PMJ News)

Meski begitu, pihak kemenpora tidak mengungkapkan jenis kompetisi olahraga yang dibicarakan kedua belah pihak dalam pertemuan tersebut.

Masih di tempat dan kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit menyampaikan pemerintah saat ini sedang berupaya keras untuk menurunkan tingkat penyebaran Covid-19 di Indonesia.

"Kita semua sedang bekerja keras untuk menurunkan angka Covid-19. Berbagai macam skema harus dilaksanakan. Bagaimana Polri selalu terlibat di dalamnya mulai dari kegiatan PSBB kemudian PPKM. Sebentar lagi akan dilaksanakan PPKM Mikro," tutur Jenderal Sigit.

Adapun Polri pun mempertimbangkan mengenai penyelenggaraan kompetisi olahraga mengingat di beberapa negara lain kompetisi olahraga sudah kembali dilaksanakan.

"Kami tadi sudah berdiskusi dan kemudian tentunya kami dari kepolisian membuka ruang untuk dibicarakan lebih lanjut terkait dengan hal-hal yang perlu disiapkan. Baik yang bersifat administrasi mengutamakan penegakan aturan protokol kesehatan," jelasnya.

Nantinya akan ada pertemuan lanjutan antara Kemenpora dengan Polri untuk membicarakan mengenai strategi dan hal-hal teknis tentang penyelenggaraan kompetisi olahraga yang bebas dari penularan Covid-19.

BERITA TERKAIT