test

Kesehatan

Minggu, 11 April 2021 12:02 WIB

Mau Turunkan Berat Badan? Lima Olahraga Ini Cepat Bakar Kalori

Editor: Hadi Ismanto

Olahraga bersepeda bisa memberikan manfaat bagi kesehatan otak. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Olahraga dapat manunjang penerapan program diet untuk mendapatkan hasil maksimal karena mempercepat pembakaran kalori. Selain itu, olahraga dapat melenturkan otot, memperkuat tulang.

Seperti dlansir laman Times of India, Minggu (9/4/2021), berikut olahraga yang dapat menunjang program penurunan berat badan dan cepat membakar kalori.

1. Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu bentuk latihan aerobik yang sangat baik. Ini berarti jantung, pembuluh darah, dan paru-paru akan berolahraga bersamaan saat bersepeda.

Selain itu, bersepeda meningkatkan mobilitas, fleksibilitas, memperkuat tulang, dan meningkatkan mood. Seseorang dengan berat 70 kilogram saat mengendarai sepeda dengan kecepatan 14 hingga 15,9 mil per jam dapat membakar sekitar 372 kalori dalam 30 menit.

2. Berenang
Berenang dapat menjadi aktivitas fisik yang bagus untuk membakar lemak. Berenang membantu mengencangkan otot, membangun kekuatan, dan menjaga kesehatan jantung.

Ini juga meningkatkan koordinasi antara pikiran dan tubuh. Seseorang dengan berat 60 kilogram dapat membakar 590 kalori dalam satu jam dengan berenang cepat dalam gaya bebas.

3. Bola Basket
Berlari di lapangan basket dapat membantu membakar sejumlah besar kalori. Selain itu, bermain bola basket dapat membantu daya tahan tubuh, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh, serta mengembangkan konsentrasi otak.

Apabila seseorang dengan berat 60 kilogram bermain bola basket bisa membakar 496 kalori dengan bermain basket selama 1 jam.

4. Sepakbola
Tidak ada aturan khusus untuk bermain sepakbola, tetapi manfaatnya benar-benar layak untuk diterapkan. Anda harus banyak berlari dalam bermain sepakbola yang dapat membantu membakar kalori.

Orang seberat 60 kilogram bisa membakar 434 kalori dalam 1 jam dengan bermain sepakbola.

5. Tenis lapangan
Bermain tenis lapangan dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru, menstabilkan detak jantung dan tekanan darah, meningkatkan fungsi metabolisme, meningkatkan kepadatan tulang, bahkan dapat menurunkan persentase lemak tubuh.

Tenis lapangan juga dapat membantu meningkatkan koordinasi tangan dan mata. Seseorang dengan berat 60 kilogram dapat membakar 372 kalori dalam 1 jam.

BERITA TERKAIT