test

News

Sabtu, 17 April 2021 09:09 WIB

Tetap Bugar, Ini 5 Aplikasi Bantu Kamu Berolahraga Selama Ramadhan

Editor: Ferro Maulana

Aplikasi Track Yoga. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Bagi kamu yang tengah berpuasa di bulan Ramadhan bukan menjadi halangan untuk berolahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Sehingga ibadah berjalan lancar.

Pada umumnya, dokter menyarankan tetap berolahraga tiga kali dalam sepekan, sementara waktu bisa disesuaikan agar tidak mengganggu ibadah puasa. Menurut ahli kesehatan, olahraga bisa dilakukan selama 10 sampai dengan 15 menit pasca sholat Subuh atau 30 menit menjelang berbuka puasa.

Saat ini, dalam menjaga tubuh tetap bugar serta fit, sekarang ini ditunjang dengan teknologi yang akrab digunakan setiap hari, yakni smartphone. Di bawah ini, perangkat dan aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu berolahraga selama bulan Ramadhan.

Tetapi, sebelum kamu mengunduhnya, pastikan untuk membaca izin apa saja yang diminta oleh aplikasi itu.

Track Yoga

Aplikasi ini khusus untuk melakukan berbagai gerakan yoga. Track Yoga berisi video rekaman berisi latihan dan instruksi untuk melakukan gerakan yoga. Aplikasi ini mempunyai beragam pilihan gerakan yoga, baik untuk pemula hingga tingkat mahir, dengan durasi mulai dari 10 menit sampai 35 menit per sesi.

Adapun Track Yoga menyediakan pilihan latihan gratis dan berbayar, pengguna bisa mengikuti kelas tematik seperti yoga untuk menghilangkan stres hingga meditasi.

Strava

Aplikasi pelacak jarak ini banyak digunakan oleh penyuka lari dan bersepeda. Aplikasi ini menghadirkan fitur komunitas virtual. Strava siap menghitung jarak dan waktu yang ditempuh saat bersepeda, juga berapa banyak kalori yang terbakar. 

Strava memiliki fitur untuk membagikan pencapaian berolahraga hari ini, yang bisa dikomentari para pengguna lainnya. Pengguna bisa membagikan rute bersepeda beserta foto dari jalur yang dilalui. Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk lari dan bersepeda, namun, juga yoga, mendaki, panjat tebing hingga berselancar.

Smartwatch

Jam tangan pintar (smartwatch) atau perangkat wearable pelacak kebugaran (fitness tracker) merupakan salah satu andalan untuk membantu tubuh tetap bergerak selama bulan Ramadhan.

Smartwatch umumnya dilengkapi dengan fitur pengingat untuk bergerak. Saat penggunanya terdeteksi banyak duduk atau rebahan selama kurun waktu tertentu, misalnya 60 menit, jam tangan akan memberi notifikasi untuk melakukan peregangan atau berjalan kaki.

Untuk diketahui, Fitur utama pada smartwatch dan fitness tracker berupa penghitung waktu, jarak, detak jantung maupun kalori saat olahraga. Satu perangkat bisa menawarkan hingga 50 mode olahraga berbeda baik di dalam ruangan maupun luar ruangan.

7 Minute Workout

Secara spesifik, aplikasi 7 Minute Workout dirancang untuk membantu memperbaiki fungsi kardiovaskular dan menurunkan berat badan. Aplikasi ini menawarkan berbagai latihan berbasis high intencity circuit training (HICT) dalam bentuk video berdurasi tujuh menit.

7 Minute Workout mengklaim hanya membutuhkan alat berupa kursi dan dinding dalam latihan-latihan di aplikasi ini. Aplikasi ini juga menyediakan pembelian di dalam aplikasi atau in-app purchase.

Nike Run Club

Aplikasi ini banyak disukai orang yang suka olahraga lari, berfungsi ibarat media sosial atau komunitas lari. Nike Run Club akan merekam durasi berlari. Di samping itu, pengguna juga bisa melihat rerata kecepatan, waktu dan jarak tempuh selama latihan.

Pengguna dapat merancang program latihan sesuai dengan kemampuannya dan mengatur target saat berlari. Jika ingin berkompetisi, pengguna bisa mengundang teman untuk mengikuti tantangan. Nike Run Club bisa dihubungkan ke perangkat berbasis Android Wear OS.

 

 

BERITA TERKAIT