test

Kesehatan

Selasa, 18 Mei 2021 10:17 WIB

3 Olahraga Ringan yang Bisa Turunkan Berat Badan Usai Lebaran

Editor: Hadi Ismanto

Olahraga bermanfaat untuk menjaga kesehatan. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Momen Idul Fitri memang identik dengan beragam kuliner khas yang menggugah selera makan seperti opor ayam, rendang daging, kue nastar, manisan. Makanan tersebut memiliki jumlah kalori yang tinggi

Jadi wajar saja jika berat badan mengalami kenaikan usai Lebaran. Oleh karena itu, Anda harus mengimbanginya dengan melakukan olahraga.

Seperti dilansir dari laman Shape, Selasa (18/5/2021), berikut tiga olahraga yang bisa Anda lakukan untuk membantu menurunkan berat badan akibat makan berlebih saat Lebaran.

1. Berjalan
Salah satu cara mudah untuk membakar lemak setelah pola makan yang tak terkontrol adalah berjalan. Dengan berjalan kaki, Anda telah melakukan latihan kardio yang berfungsi membakar lemak.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa berjalan dengan membawa beban tangan merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan lemak perut. Cobalah berjalan 10 ribu langkah sehari untuk mendapatkan berat badan ideal.

2. Latihan Otot Inti
Setelah makan banyak, wajar jika Anda ingin menargetkan kesehatan otot inti. Ini adalah serangkaian otot kompleks yang membentang dari otot dada bawah, perut, punggung, sampai di sekitar panggul.

Otot inti juga merupakan area yang bagus untuk difokuskan dalam olahraga. Bagaimanapun, kekuatan otot inti sangat penting untuk hampir setiap aktivitas yang Anda lakukan.

3. Senam
Senam memang bukan cara instan untuk menurunkan berat badan. Tapi melakukan senam secara teratur dapat menurunkan lemak di perut.

Menurut instruktur Tamal Dodge, ada gerakan mudah yang dapat dilakukan untuk membantu pencernaan dan meningkatkan energi.

"Letakkan tangan di atas lutut dan tarik perut dan angkat dada, putar bahu ke belakang dan ke bawah, tutup mata selama 1 hingga 2 menit," ujarnya.

BERITA TERKAIT