test

News

Rabu, 24 Mei 2023 14:44 WIB

Jokowi Harap MK Jadi 'Wasit' yang Adil Saat Tangani Sengketa Pemilu 2024

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kinerja Mahkamah Konstitusi (MK). Kepala Negara menyebut lembaga ini merupakan elemen kunci dari demokrasi dan kepastian hukum.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi melalui tayangan video saat sidang pleno khusus penyampaian laporan Mahkamah Konstitusi tahun 2022, Rabu (24/5/2023).

"Pemerintah menyampaikan banyak terimakasih, Yang Mulia para hakim konstitusi dan seluruh jajaran Mahkamah Konstitusi yang bekerja keras menegakkan konstitusional justice yang merupakan elemen kunci dari demokrasi, HAM dan kepastian hukum," ungkap Jokowi.

Jokowi mengakui tak selamanya sepakat dengan putusan MK, tetapi pemerintah menerima dan menghormati serta melaksanakan putusan tersebut. Dia yakin dengan adanya MK, kehidupan bernegara akan tertata dengan baik.

"Tidak selamanya pemerintah sependapat dengan pandangan Mahkamah Konstitusi, tetapi selalu menerima, menghormati dan melaksanakan. Pemerintah yakin kehidupan bernegara kita akan tertata dengan baik jika diselenggarakan berdasarkan konstitusi," terangnya.

Lebih lanjut Jokowi mengingatkan MK agar mempersiapkan diri dan bisa menjadi 'wasit' yang baik dalam menangani perkara sengketa Pemilu dengan cepat.

"Kami sangat berharap Mahkamah Konstitusi melakukan persiapan yang matang agar dapat menjadi wasit yang adil bagi yang bersengketa. Baik sengketa Pileg, Pilpres, maupun Pilkada. Di samping itu kualitas putusan MK juga pasti memperlihatkan kecepatan penerbitan putusan," jelasnya.

"Saya percaya MK telah dan akan terus bekerja keras untuk menjaga konstitusi dan mengawal demokrasi demi menghadirkan kehidupan yang lebih baik bagi seluruh rakyat Indonesia," imbuhnya.

BERITA TERKAIT