test

News

Selasa, 11 April 2023 12:01 WIB

Ke Pelabuhan Merak, Kapolri Tinjau Langsung Kesiapan Hadapi Arus Mudik

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit beri keterangan. (Foto: PMJ/Ist).

PMJ NEWS - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama dengan instansi lintas sektoral terkait melakukan peninjauan ke Pelabuhan Merak guna memastikan kesiapan arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri tahun 2023.

Peninjauan tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginstruksikan kepada lembaga/institusi atau kementerian terkait untuk lebih awal bergerak mewujudkan mudik aman dan nyaman.

“Sesuai arahan Pak Presiden kami di bawah jajaran Menko PMK diminta untuk lebih awal melakukan pengecekan dan perencanaan bersama. Sehingga kesiapan dalam menghadapi arus mudik dan balik tahun 2023 ini bisa lebih baik, karena memang ada peningkatan terhadap jumlah pemudik yang akan kembali,” ujar Sigit di Pelabuhan Merak, Senin (10/4/2023).

Dari hasil peninjauan yang dilakukan, Sigit menyampaikan bahwa kesiapan sudah dilakukan dengan baik, mulai dari penambahan kapasitas rest area, tempat parkir, serta penggunaan Pelabuhan Ciwandan yang diputuskan pemerintah untuk dioperasionalkan sebagai alternatif Pelabuhan Merak.

“Alhamdulillah tadi dari hasil pengecekan bersama, sudah ada beberapa penambahan terkait dengan kapasitas Rest Area, kapasitas tempat parkir dan juga ada pengaturan langsung antara Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Merak. Sehingga kemudian ini bisa bermanfaat mengurangi beban terhadap risiko kepadatan yang terjadi,” papar Sigit.

“Mungkin yang perlu saya sampaikan dan tambahkan agar terkait penggunaan Pelabuhan Ciwandan sebagai salah satu yang diaktifkan untuk kendaraan roda dua dan enam ini betul-betul disosialisasikan dari awal. Kemudian personel-personel disiapkan dengan lebih baik. Demikian juga rambu-rambu, sehingga masyarakat yang masih belum tahu arah Ciwandan kemana ini bisa tahu dan tidak terjadi crowded,” jelasnya.

BERITA TERKAIT