test

News

Rabu, 5 April 2023 10:04 WIB

Studi: Tidur Dalam Keadaan Gelap Lebih Baik dari Menyalakan Lampu

Editor: Hadi Ismanto

Tidur bermanfaat bagi kesehatan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Sebagian orang mungkin lebih suka tidur dengan lampu dimatikan, sementara ada pula yang memilik menyalakan lampu. Dari dua tipe ini ditemukan bahwa tidur dalam keadaan gelap lebih baik.

Seperti dilansir dari laman Washington Post, Rabu (5/4/2023), sebuah studi tahun 2022 menguji bagaimana paparan cahaya memengaruhi kondisi biologis 20 orang dewasa muda yang sehat saat tidur.

Penelitian ini dilakukan oleh ahli saraf dan direktur Center for Circadian and Sleep Medicine di Northwestern University Feinberg School of Medicine Phyllis Zee bersama dengan rekan-rekannya.

Sekelompok orang menghabiskan sebuah malam tidur dalam cahaya redup, mirip dengan cahaya di waktu senja, diikuti oleh satu malam lainnya tidur dengan lampu menyala.

Lampu ini memancarkan cahaya setara dengan pencahayaan lorong hotel—terang, tetapi tidak cukup untuk membaca dengan nyaman, kata Zee. Sementara itu, sebuah kelompok kontrol menghabiskan kedua malam tidur dalam cahaya redup.

Partisipan yang tidur dengan lampu menyala melaporkan bahwa mereka tidur nyenyak, tetapi rekaman otak menunjukkan bahwa mereka menghabiskan lebih sedikit waktu dalam gelombang lambat dan tidur gerakan mata yang cepat, yang merupakan tahap yang lebih tenang dan penting untuk fungsi kognitif.

Efek pada metabolisme dan jantungnya bahkan lebih mencolok. Sampel darah menunjukkan bahwa tidur satu malam di kamar dengan lampu menyala meningkatkan resistensi insulin peserta, yang penting untuk mengontrol gula darah keesokan paginya.

Akan tetapi, yang paling mengejutkan bagi para peneliti adalah bagaimana paparan cahaya mempengaruhi detak jantung. "(Detak jantungnya) tinggi sepanjang malam. Itulah yang aneh," ujar Zee.

Hasil ini menunjukkan dengan mata tertutup, otak sadar cahaya yang relatif rendah, yang dapat menyebabkan sistem 'fight-or-flight' otak menjadi lebih aktif. "Ini hampir seperti dalam persiapan untuk berlari atau harus bangun," ucapnya.

Meskipun penelitian ini dilakukan dalam skala kecil, penelitian lainnya menunjukkan bahwa paparan cahaya selama tidur mungkin bahkan lebih merugikan individu yang lebih tua.

BERITA TERKAIT