Kesehatan

Minggu, 10 Oktober 2021 11:04 WIB

5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung, Cukupi Tidur dan Olahraga

Editor: Hadi Ismanto

Serangan jantung harus diwaspadai. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Jantung berfungsi sebagai pemompa darah yang berisi nutrisi serta oksigen dan menyebarkannya ke seluruh tubuh. Saat jantung sudah tak mampu melakukan fungsi akibat beberapa penyakit atau kondisi tertentu, maka dapat berujung kematian.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung sedini mungkin sangat penting. Setidaknya ada beberapa cara untuk mengetahui jantung Anda tergolong sehat atau tidak.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (10/10/2021), ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan jantung agar dapat terus berfungsi dengan optimal.

1. Cukupi Tidur
Jangan anggap remeh waktu tidur Anda. Mereka yang terbiasa kurang tidur dari enam jam di malam hari, memiliki risiko dua kali lipat lebih tinggi untuk mengalami penyakit jantung dan stroke.

Guna menjaga kesehatan jantung, orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama enam hingga delapan jam setiap hari.

2. Rutin Lakukan Akrivitas Fisik
Aktivitas fisik identik dengan olahraga yang penting untuk menjaga kesehatan jantung. Anda bisa melakukan aktivitas fisik sederhana seperti jalan kaki, jogging, naik turun tangga, dan kegiatan lain di rumah.

Supaya optimal dalam menjaga kesehatan jantung, aktivitas fisik tersebut sebaiknya dilakukan setidaknya lima kali dalam seminggu, dengan durasi minimal 30 menit. Pastikan jenis aktivitas fisik yang Anda pilih sesuai dengan kondisi dan kemampuan tubuh.

3. Konsumsi Lemak Baik
Tidak semua jenis lemak menjadi musuh bagi kesehatan. Faktanya, ada juga lemak baik yang tugasnya membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, termasuk jantung Anda.

Lemak baik atau sehat ini dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL), menurunkan risiko pembekuan darah, dan menjaga kesehatan jantung Anda.

Lemak baik bisa diperoleh dari minyak zaitun, ikan salmon, biji-bijian dan masih banyak jenis makanan lain. Untuk mendapatkan manfaat lemak baik, pastikan mengolah makanan secara tepat dan mengonsumsinya secara cukup atau tidak berlebihan.

4. Jangan Terlalu Lama Duduk
Tak kalah penting untuk menjaga kesehatan jantung adalah menjauhkan diri dari kebiasaan duduk terlalu lama. Secara medis, duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko terbentuknya bekuan darah di pembuluh darah kaki.

Hal tersebut dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke atau penyumbatan pada pembuluh darah paru. Bila pekerjaan Anda mengharuskan untuk duduk yang lama, setidaknya gerakkan kaki untuk berjalan setiap dua jam sekali.

5. Berhenti Merokok
Rokok adalah musuh bagi jantung. Tak hanya batang rokok yang dihisap, tapi juga asapnya. Mereka yang terpapar asap rokok terus menerus dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner sebesar 20-30 persen.

BERITA TERKAIT