Kesehatan

Selasa, 21 September 2021 10:05 WIB

Jangan Dikupas, Ini Lima Manfaat Konsumsi Kentang dengan Kulitnya

Editor: Hadi Ismanto

Konsumsi kentang dengan kulitnya ternyata memiliki manfaat kesehatan. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Kentang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan karena memiliki karbohidrat tinggi, biasanya makanan jenis umbi-umbian ini dikonsumsi oleh yang menjalani program diet.

Kebanyakan orang mengonsumsi kentang dengan mengupas kulitnya. Namun, tahukah kamu jika memakan kentang dengan kulitnya tanpa dikupas juga baik untuk kesehatan.

Akan tetapi, para ahli mengatakan untuk tidak memakan kulit kentang yang terlihat hijau. Hal ini karena kentang merupakan umbi yang tumbuh di bawah tanah. Ketika terkena cahaya atau dingin lebih lama, mereka mulai memproduksi klorofil sebagai proses alami.

Sepeti dilansir dari laman Boldsky, Selasa (21/9/2021), berikut lima manfaat kulit kentang bagi kesehatan.

1. Baik untuk Kesehatan Jantung
Menurut sebuah penelitian, kulit kentang memiliki aktivitas penangkal radikal atau antioksidan yang kuat karena adanya dua senyawa fenolik dominan, asam klorogenat dan asam galat.

Senyawa ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung yang baik dengan mengurangi kerusakan jantung akibat radikal bebas. Kulit kentang juga mengandung sejumlah besar potasium, yang merupakan elemen yang baik dalam mengatur tekanan darah dalam tubuh.

2. Mencegah Anemia
Menurut sebuah penelitian, kentang panggang (1,08 mg) dan kentang yang dimasak dengan microwave (1,24 mg) beserta kulitnya memberikan jumlah zat besi maksimum bagi tubuh. Kulit kentang mengandung 55 persen zat besi dari total kandungan zat besi umbi.

Seperti kita ketahui bahwa zat besi merupakan komponen penting dalam menjaga produksi dan suplai sel darah merah dalam tubuh, konsumsi kulit kentang dapat membantu mencegah atau mengurangi risiko penyakit terkait seperti anemia.

3. Mengurangi Resiko Kanker
Kentang secara alami mengandung glikoalkaloid untuk melindungi diri dari serangga dan herbivora. Saat terkena cahaya, konsentrasi bahan kimia ini meningkat dan dapat berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Namun, dalam jumlah sedikit dapat memberikan manfaat positif. Sebuah penelitian telah menunjukkan glikoalkaloid murni terisolasi memiliki sifat antikarsinogenik yang dapat membantu mencegah berbagai jenis kanker seperti serviks, hati, perut dan limfoma.

4. Membantu Menyembuhkan Luka
Studi mengatakan bahwa kulit kentang bertindak sebagai penyembuh luka alami dan dapat membantu menyembuhkan luka dan mencegah pertumbuhan bakteri yang berlebihan di area kulit yang terkena.

Kulit kentangmemiliki kemampuan menginduksi penyembuhan kulit dengan mendorong pertumbuhan sel dan memberikan kekuatan tarik pada kulit yang terluka. Kulit kentang mudah didapat, tidak terlalu terasa sakit jika diaplikasikan dan lebih baik dari kain kasa.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan
Kulit kentang adalah makanan pokok yang rendah lemak, tinggi energi dan dikemas dengan banyak nutrisi seperti vitamin B, vitamin C, kalium dan serat makanan.

Mengonsumsi hidangan kulit kentang membantu Anda tetap berenergi dan kenyang lebih lama, dan juga menjaga kalori tetap terkendali.

BERITA TERKAIT