Kesehatan

Senin, 22 Februari 2021 10:02 WIB

5 Cara Mudah Jaga Berat Badan di Usia 40 Tahun

Editor: Hadi Ismanto

Memiliki berat badan ideal menjadi impian setiap orang. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ NEWS - Kelebihan berat badan dan obesitas berhubungan dengan penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Gangguan kesehatan ini rawan muncul ketika memasuki usia 40 tahun.

Saat berusia 40 tahunan menurunkan berat badan memang akan terasa sulit dilakukan. Perubahan tingkat aktivitas, kebiasaan makan, hormon, dan cara tubuh menyimpan lemak adalah beberapa faktor penyebabnya.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (22/2/2021), berikut langkah-langkah sederhana yang dapat membantu menurunkan berat badan agar tetap ideal.

1. Jangan lewatkan sarapan
Cara menurunkan berat badan di usia 40 tahun sama dengan pelaku diet kebanyakan, yaitu jangan melewatkan ataupun menghindari sarapan.

Para ahli merekomendasikan Anda untuk tidak melewatkan sarapan. Saat melewatkan sarapan, Anda mungkin akan merasa sangat lapar dan malah mengonsumsi makanan tidak sehat ketika makan siang.

Sarapan sangat vital bagi tubuh Anda, apalagi jika Anda dituntut untuk bekerja total seharian. Makanan yang dikonsumsi sewaktu sarapan bukan hanya banyak dan mengenyangkan, tetapi juga bergizi lengkap dan seimbang.

2. Prioritaskan protein
Saat Anda mencoba menurunkan berat badan, makan makanan kaya protein adalah kuncinya - sebagian karena protein cukup mengenyangkan bahkan sebenarnya lebih banyak daripada karbohidrat atau lemak, menurut studi Februari 2015 di Jurnal Nutrisi.

Selain itu, makan protein dapat membantu Anda makan lebih sedikit di kemudian hari, menurut penelitian yang sama.

3. Kurangi karbohidrat
Berdasarkan bagaimana hormon Anda berubah di usia 40-an saat memasuki masa perimenopause, mengikuti diet rendah karbohidrat dapat membantu mencegah penambahan berat badan atau mempermudah penurunan berat badan.

"Anda ingin semua hormon Anda seimbang - hormon seks Anda seperti estrogen, progesteron dan testosteron, serta insulin," kata Carolyn Williams, penulis Meals That Heal, kepada Livestrong.

4. Kendalikan stres Anda
"Di usia 40-an, banyaknya tuntutan - karier, terjepit di antara membesarkan anak dan orang tua yang menua - dapat meningkatkan stres Anda," kata Kara Mohr dari MohrResults.com.

Namun, jika Anda dapat menekan tingkat stres, itu dapat membantu Anda menahan berat badan dan berpotensi membuat penurunan berat badan sedikit lebih mudah.

5. Perbaiki kualitas tidur
Orang dengan kualitas tidur yang buruk cenderung mengalami kenaikan berat badan. Sebab, kebiasaan tidur yang buruk akan memicu otak untuk makan di malam hari, dan jenis makanan yang dipilih biasanya camilan yang tidak sehat.

Kurang tidur juga dapat menghambat produksi leptin, hormon yang membuat Anda merasa kenyang.

Oleh karena itu, lakukan pola hidup sehat di usia 40 tahun untuk mendapat kualitas tidur yang baik. Hindari juga stres dan minuman berkafein menjelang tidur malam. Beberapa kebiasaan tersebut dapat menjadi pemicu Anda kurang tidur.

BERITA TERKAIT

  • Kesehatan, 3 Desember 2020

    3 Kebiasaan Ini Bikin Susah Turunkan Berat Badan

  • STORIES