test

Kesehatan

Sabtu, 10 April 2021 11:04 WIB

Perhatian! Lima Hal Ini Wajib Dipahami Saat Mulai Olahraga Jalan Kaki

Editor: Hadi Ismanto

Olahraga bermanfaat untuk menjaga kesehatan. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Berjalan kaki bisa dikategorikan sebagai olahraga yang tidak terlalu berat. Namun, apabila dilakukan dengan cara yang benar, olahraga ini juga bisa membantu proses penurunan berat badan.

Demi mendapatkan hasil maksimal, setidaknya sejumlah hal yang wajib dipahami sebelum melalukan olahraga jalan kaki. Seperti dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (10/4/2021), berikut hal yang diperhatikan agar penurunan berat badan sukses.

1. Setelah makan
Studi dalam jurnal Diabetologia pada 2016 mengungkapkan bahwa pemilihan waktu untuk berjalan kaki juga penting, khususnya untuk mengatur kadar gula darah.

Menurut studi ini, berjalan kaki 10 menit setelah menyantap makan besar dapat membantu menurunkan kadar gula darah lebih baik pada penyandang diabetes mellitus tipe 2 dibandingkan berjalan kaki 30 menit pada waktu lain.

Ahli gizi Melissa Rifkin MS RDN CDN menyatakan bahwa kontrol kadar gula darah penting bagi penyandang diabetes maupun non penyandang diabetes. Kadar gula darah yang baik juga dapat membantu proses penurunan berat badan jadi lebih mudah.

Tak hanya itu, berjalan kaki juga dapat membantu meningkatkan pebakaran kalori. Kegiatan ini juga turut mendorong tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi.

2. Perhatikan kondisi tubuh
Sebelum memulai berolahraga, ketahui terlebih dahulu kondisi tubuh sendiri. Kondisi penyakit dasar seperti diabetes atau jantung, atau penyakit sendi, termasuk kondisi berat badan tubuh harus diperhatikan sebelum menentukan olahraga apa yang ingin dijalani.

"Kalau berat badan kita berlebih sebaiknya jangan olahraga yang memberi penekanan pada engkel kita. Bisa olahraga jalan, atau bersepeda juga lebih baik. Baiknya konsultasikan ke dokter sebelum memulai olahraga," papar dr Angelica.

3. Lakukan di siang hari
Menurut studi dalam jurnal Physiological Reports pada 2020, berjalan kaki di siang hri dapat meningkatkan pembakaran lemak. Bagi laki-laki obesitas yang berolahraga di siang hari tak hanya membakar lebih banyak lemak tetapi juga memiliki kadar gula darah.

Mereka juga menjadi lebih jarang untuk mengalami resistensi insulin dalam kurun waktu 12 pekan bila dibandingkan dengan orang yang berolahraga di pagi hari.

4. Berjalan kaki di tanjakan
Kepala Nutrisi Nucific Dr Amy Lee mengungkapkan bahwa berjalan kaki 10.000 langkah per hari dapat membantu menjaga berat badan. Akan tetapi, perlu 5.000 langkah lebih banyak untuk menurunkan berat badan.

Berjalan kaki di medan yang menanjak turut membantu memperbesar jumlah kalori yang dibakar ketika berjalan kaki.

5. Berengan dengan teman
Memiliki teman berolahraga akan membuat kegiatan tersebut terasa lebih mudah dilakukan.

Studi dalam jurnal Nature Communications pada 2017 mengungkapkan bahwa keberadaan teman akan mendorong seseorang untuk melakukan olahraga dengan lebih keras dan lebih lama dibandingkan berolahraga sendiri.

BERITA TERKAIT