test

Kesehatan

Minggu, 16 Mei 2021 11:04 WIB

5 Cara Turunkan Berat Badan Pasca Lebaran

Editor: Hadi Ismanto

Makan berlebihan saat Lebaran dapat membahayakan kesehatan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Tidak dapat dipungkiri jika setelah Hari Raya Idul Fitri berat badan bertambah. Pasalnya, saat Lebaran banyak sajian yang tentu menggugah selera makan. Mulai dari ketupat, opor ayam, sambal ati, rendang, kue kering dan sirup.

Namun, sebaiknya jangan Anda terlena dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara menurunkan berat badan setelah Lebaran

1. Konsumsi Makanan Bernutrisi Seimbang
Konsumsilah makanan bernutrisi seimbang yakni mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Makanan ini penting untuk memenuhi nutrisi tubuh agar tetap.

2. Atur Porsi Makanan
Atur porsi makanan dan jangan berlebihan. Kementerian Kesehatan merekomendasikan dalam satu piring, 1/3 bagian adalah makanan pokok (setara 150 gram nasi), 1/3 bagian lainnya adalah sayuran (150 gram sayur), 1/3 lainnya adalah gabungan protein dan buah.

3. Cukupi Asupan Air
Asupan cairan penting untuk metabolisme tubuh. Pastikan Anda minum air putih yang cukup setiap hari. Setiap orang dewasa direkomendasikan untuk mengonsumsi 8 gelas per hari atau 2 liter air.

4. Istirahat Cukup
Istirahat yang cukup juga akan membantu menurunkan berat badan. Saat tidur tubuh memperbaiki sel-sel yang sudah rusak. Setiap orang dewasa direkomendasikan tidur 7-9 jam per hari.

5. Olahraga Teratur
Imbangi pola makan yang sehat dengan olahraga yang teratur. Olahraga dapat membantu membakar kalori lebih cepat. Setiap orang dewasa direkomendasikan untuk berolahraga 150 menit setiap minggu atau dapat dibagi menjadi 30 menit, 5 kali dalam seminggu.

BERITA TERKAIT