Kesehatan

Sabtu, 2 Juli 2022 22:01 WIB

Penelitian: Durasi Tidur Pengaruhi Kesehatan Jantung Penyakit Jantung

Editor: Hadi Ismanto

Lima tanda awal penyakit jantung. (Foto: PMJ New/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia. Selain tujuh hal yang diketahui dapat memengaruhi kesehatan jantung, durasi tidur juga penting bagi kesehatan jantung.

Menurut metrik tidur terbaru, tidur yang berkualitas juga turut memainkan peran penting bagi kesehatan tubuh secara umum dan juga kesehatan kardiovaskular. Hal ini menunjukkan bahwa tidur bukanlah sekAdar aktivitas relaksasi.

"Durasi tidur sekarang dianggap sebagai komponen esensial dari kesehatan jantung dan otak yang esensial," ungkap tim peneliti melalui jurnal Circulation, seperti dilansir Express, Jumat (1/7/2022).

Menurut penelitian, tidur bisa memberikan manfaat yang optimal bagi kesehatan jantung bila dilakukan dengan durasi yang tepat. Durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah tujuh hingga delapan jam per malam.

Sementara pada anak berusia lima tahun ke bawah durasi tidur yang ideal 10-16 jam per 24 jam. Untuk enam hingga 12 tahun adalah sembilan hingga 12 jam. Sedangkan bagi anak remaja berusia 13-18 tahun, durasi tidur yang ideal adalah delapan hingga 10 jam.

Metrik durasi tidur yang baru mencerminkan temuan penelitian terbaru, yaitu tidur berdampak bagi kesehatan secara keseluruhan. Orang-orang dengan pola tidur yang lebih sehat cenderung mengelola berbagai faktor risiko seperti berat badan, tekanan darah, atau diabetes tipe 2 dengan lebih efektif.

"Sebagai tambahan, kemajuan (teknologi) dalam mengukur tidur, seperti perangkat wearable sekarang menawarkan fitur yang memungkinkan orang-orang unruk memantau kebiasaan tidur mereka dj rumah secara rutin dan andal," jelas Presiden American Heart Association (AHA) Donald M Lloyd-Jones.

Penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular secara umum merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit kardiovaskular menyebabkan 17,9 juta kematian di dunia.

Kabar baiknya, berbagai studi menemukan bahwa lebih dari 80 persen dari kejadian kardiovaskular bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Tidur yang cukup merupakan salah satu bagian dari pola hidup sehat tersebut.

BERITA TERKAIT