Kesehatan

Rabu, 24 Maret 2021 09:02 WIB

3 Jenis Buah Ini Baik Dikonsumsi Saat Terjebak Lapar di Malam Hari

Editor: Hadi Ismanto

Buah-buahan yang bisa dikonsumsi jika Anda lapar sebelum tidur. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Setiap orang pasti pernah mengalami rasa lapar sebelum tidur di malam hari. Namun, banyak pernyataan yang menganjurkan agar tidak makan pada saat akan tidur.

Jika Anda merasa perlu untuk memakan sesuatu sebelum tidur, para ahli menyarankan untuk makan buah. Pasalnya, beberapa buah sebenarnya bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Seperti dilansir laman Best Life Online, Rabu (24/3/2021), Berikut beberapa buah-buahan yang bisa dikonsumsi jika Anda lapar sebelum tidur.

1. Pisang
Pisang terkenal sangat membantu dalam mengobati dan mencegah kram karena kaya akan potasium. Namun, para ahli mengatakan pisang memiliki manfaat lain yang bisa membantu Anda memiliki malam yang lebih nyenyak.

Pelatih ilmu tidur bersertifikat dengan Amerisleep, McKenzie Hyde mengatakan, elektrolit, magnesium, dan kalium yang terkandung dalam pisang adalah pelemas otot alami yang membuat tubuh dan pikiran dalam keadaan rileks yang dibutuhkan untuk tidur.

Pisang juga mengandung karbohidrat kompleks dan triptofan, asam amino yang ditemukan dalam kalkun yang membuat kita mengantuk setelah makan malam.

"Triptofan membantu tubuh memproduksi serotonin dan melatonin, yang membantu memberi sinyal pada otak bahwa sudah waktunya untuk tidur," jelas Hyde.

Kita bisa menambahkan selai kacang pada pisang untuk membuat lebih kenyang dan mengantuk. Satu sendok selai kacang dengan pisang bisa menambahkan sesendok triptofan ekstra.

"Selai kacang bermanfaat untuk membantu tidur dan menjaga jam internal tubuh," tambah Hyde. Selai kacang juga membantu suasana hati dan mengurangi depresi, kecemasan, dan stres, yang semuanya merupakan penghambat tidur paling baik.

2. Ceri
Dokter pengobatan integratif Monisha Bhanote, MD menyarankan ceri asam atau jus ceri asam. "Ceri memiliki antioksidan dan fitokimia tingkat tinggi, termasuk melatonin, yang penting untuk mengatur ritme sirkadian kita," kata dia.

Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan oleh American Journal of Therapeutics menemukan bahwa jus ceri meningkatkan waktu tidur dan efisiensi, kemungkinan karena peningkatan triptofan, dan mengurangi peradangan.

Studi 2012 lainnya dari European Journal of Nutrition menyimpulkan bahwa jus ceri meningkatkan kadar melatonin secara signifikan dan meningkatkan kualitas tidur.

"Data menunjukkan konsumsi konsentrat jus ceri memberikan peningkatan melatonin eksogen yang bermanfaat dalam meningkatkan durasi dan kualitas tidur pada pria dan wanita sehat dan mungkin bermanfaat dalam mengelola gangguan tidur," kata Bhanote.

3. Kiwi
Pellatih ilmu tidur bersertifikat dan pendiri Sleeping Ocean, Alex Savy mengatakan, konsumsi kiwi dapat membantu meningkatkan produksi serotonin. "Kiwi dapat berfungsi sebagai alat tambahan untuk mengatur siklus alami tidur dan bangun," jelas dia.

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan oleh Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition menemukan mengonsumsi dua kiwi satu jam sebelum tidur malam meningkatkan waktu dan efisiensi tidur.

Para peneliti merasa kiwi dapat meningkatkan permulaan, durasi, dan efisiensi tidur pada orang dewasa dengan gangguan tidur yang dilaporkan sendiri.

Pada kesimpulannya, makan di dekat jam tidur boleh-boleh saja, selama kita membuatnya tetap ringan.Makan terlalu dekat dengan waktu tidur sudah lama dianggap sebagai hal yang buruk.

Meskipun makan makanan berat itu tidak disarankan, penelitian baru menemukan mengemil sesuatu yang kecil sebelum tidur mungkin tidak merugikan seperti yang selama ini yang kita yakini.

"Hasil negatif telah ditunjukkan sebagai respons terhadap makanan campuran dalam jumlah besar pada populasi yang mengonsumsi sebagian besar asupan makanan harian mereka pada malam hari," menurut sebuah studi 2015 dari Nutrients.

BERITA TERKAIT