test

Kesehatan

Minggu, 22 Desember 2019 12:46 WIB

5 Langkah Hilangkan Lemak Perut

Editor: Ferro Maulana

Timbunan lemak perut (Foto: Dok Net)

PMJ - Obesitas saat ini menjadi 'musuh' bagi sebagian orang. Lemak yang menempel di perut memang membuat jengkel. Tidak mudah membuang lemak di perut, karena bila sembarangan menerapkan pola diet bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Lemak di perut bisa disebabkan oleh perubahan hormon, stres sehari-hari, kurang tidur dan kemungkinan pasca kehamilan. Berikut ini cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi lemak di perut, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

  • Atur Pola Makan
    Jika Anda mengonsumsi makanan olahan seperti keripik, permen, makanan yang dipanggang cobalah berusaha untuk menghentikan kebiasaan ini. Makanan jenis ini dapat menambah kenaikan berat badan karena diproduksi menggunakan pemanis seperti sirup jagung dengan fruktosa tinggi dalam jumlah besar.
  • Olahraga
    Olahraga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti meningkatkan kesehatan otak. Penelitian dalam jurnal Cell Metabolism mengungkapkan, bahwa olahraga secara spesifik bisa membantu mengurangi lemak visceral.
  • Tidur 8 Jam
    Tidur yang kurang dapat menyebabkan lemak perut. Kurang tidur menyebabkan hormon jadi lapar, membuat ghrelin meningkat yang kemudian merangsang napsu makan. Agar lemak perut terjaga, usahakan untuk tidur setidaknya selama 7 hingga 8 jam setiap malam.
  • Kurangi Alkohol
    Alkohol mengandung sekitar 7 kalori per gram, karena alkohol diserap dengan cepat. Alkohol yang dikonsumsi secara berlebihan dapat merusak metabolisme makronutrien lainnya, seperti karbohidrat dan lemak.
  • Rileks
    Stres yang muncul kapan saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Stres dapat terjadi karena berbagai hal, mulai dari hal sepele hingga hal-hal besar. Namun, sedapat mungkin stres berkepanjangan harus dihindari.(Hdi)

BERITA TERKAIT