test

Kesehatan

Senin, 26 Oktober 2020 10:02 WIB

5 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh dan Bantu Hindari Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

5 makanan ini akan meningkatkan sistem imunitas tubuh. (Foto: Kolase PMJ News).

PMJ - Menjaga imunitas tubuh dinilai sebagai satu cara untuk menghindari penularan virus corona (Covid-19). Selain menerapkan protokol kesehatan, agar tubuh tetap fit kita juga perlu mengonsumsi makanan sehat.

Seperti dilansir dari laman Medical News Today, Senin (26/10/2020), ada beberapa jenis makanan yang dianggap dapat meningkatkan imunitas tubuh.

1. Bayam

Bayam menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh karena mengandung banyak nutrisi penting seperti antioksidan, flavonoid, vitamin C, dan vitamin E yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Penelitian juga menunjukkan bahwa flavonoid dapat membantu mencegah flu pada orang sehat.

2. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang menjadi sumber vitamin C. Sayuran ini juga mengandung antioksidan yang kuat seperti sulforaphane.

Sayuran brokoli merupakan pilihan yang baik untuk dikonsumsi secara teratur guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan beta karoten yang merupakan sejenis antioksidan yang dapat membuat kulit mereka berwarna oranye.

Beta karoten adalah sumber vitamin A yang dapat membantu mendapatkan kulit yang sehat serta memberikan perlindungan terhadap kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet (UV).

4. Bawang putih

Selain menggunakannya sebagai bumbu, bawang putih juga sering dijadikan obat rumahan untuk mencegah pilek dan penyakit lainnya. Ini karena bawang putih mengandung allicin yang dapat mengurangi risiko masuk angin.

5. Dark chocolate

Dark chocolate mengandung antioksidan yang disebut theobromine yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dengan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang diproduksi tubuh ketika memecah makanan atau bersentuhan dengan polutan. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan dapat berkontribusi pada penyakit.(Hdi)

BERITA TERKAIT