test

News

Senin, 27 Februari 2023 12:23 WIB

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrim Dalam Sepekan

Editor: Ferro Maulana

Cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di Jakarta. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS -  Pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang bisa terjadi di sejumlah kawasan dalam periode sepekan ke depan.

BMKG juga telah mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem pada 22 Februari 2023 lalu.

“Di hampir semua provinsi ini tampaknya harus lebih waspada (cuaca ekstrem, red) sampai seminggu kedepan,” terang Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam siaran persnya, Senin (27/2/2023).

Dwikorita kembali mengatakan, cuaca ekstrem akibat adanya fenomena di seluruh Tanah Air yang saat ini menunjukkan dinamika atmosfer dan berdampak pada peningkatan curah hujan di sejumlah daerah.

Situasi itu disebabkan adanya monsun atau aktivitas monsun Asia antara lain angin yang bertiup dari arah Asia yang masih menguap dan adanya indikasi aktifnya seruakan udara dingin dari Asia.

Kemudian, adanya pusat tekanan rendah di Australia bagian utara dan pola sirkulasi angin yang terbentuk di sekitar wilayah Indonesia yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin.

“Hal-hal tersebutlah yang memicu terjadinya peningkatan intensitas curah hujan di seluruh wilayah Indonesia,” ucap Dwikorita.

BERITA TERKAIT