test

News

Rabu, 12 Januari 2022 12:05 WIB

Kemenkes Prediksi Puncak Penularan Omicron 60 Ribu Orang pada Februari

Editor: Ferro Maulana

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers. (Foto: PMJ News/YouTube Kemenkes).

PMJ NEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjelaskan, virus Covid-19 varian Omicron diprediksi masih akan terus terjadi ke depan.

Bahkan, diprediksi puncak penularan Omicron terjadi pada Februari 2022 dengan jumlah kasus harian yaitu menembus 60 ribu orang.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (Dirjen P2P) Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi menerangkan, penularan Omicron bakal menular cepat dalam waktu tiga sampai empat pekan ke depan.

Siti Nadia memperkirakan saat itu penularan kasus Covid-19 di Indonesia mampu tembus 40 ribu sampai 60 ribu perharinya.

"Dalam 3-4 minggu ke depan akan mencapai puncaknya. Mungkin ke-1 atau ke-2 Februari ya (puncak Omicron). (Kasus harian) sekitar 40 ribu-60 ribu kasus," ucap Siti, kepada awak media, yang dilansir Rabu (12/1/2022).

Masih dari keterangan Siti Nadia, pola penyebaran kasus Omicron di Tanah Air diperkirakan sama dengan yang terjadi di Afrika Selatan.

Dia bilang kasus penularan akan terus meningkat sampai pada fase tertinggi dalam 30 sampai 40 hari.

Peningkatan kasus tersebut diprediksi akan terjadi di seluruh wilayah di Indonesia. Menurut dia, di Jakarta saja diperkirakan bisa mencapai 21 ribu kasus per harinya.

"Total kasus di Jakarta saja nanti bisa mencapai 21 ribuan sehari," pungkasnya.

BERITA TERKAIT