test

News

Kamis, 9 Februari 2023 12:03 WIB

HPN 2023, Jokowi Ungkap Kontribusi Besar Pers Bagi Bangsa dan Negara

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional di Sumatera Utara. (Foto: PMJ News/BPMI Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 yang digelar di Gedung Serbaguna Pemerintah Provinsi Sumatra Utara, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (9/2/2023).

Dalam peringatan HPN 2023 yang mengusung tema 'Pers Bebas Demokrasi Bermartabat', Jokowi didampingi Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menko Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

"Atas nama rakyat, atas nama pemerintah saya menyampaikan selamat Hari Pers kepada seluruh insan pers Indonesia di manapun Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara berada,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Presiden jokowi juga menyampaikan apresiasi atas kontribusi pers nasional kepada bangsa dan negara. Menurut dia, pers juga menjadi penopang utama demokratisasi.

"Terima kasih kepada pers nasional atas kontribusinya kepada bangsa dan negara. Sejak awal awak media berkontribusi besar dalam menyuarakan ajakan perjuangan kemerdekaan, menyuarakan inovasi-inovasi pembangunan, dan menjadi penopang utama demokratisasi,” ujarnya.

Jokowi menuturkan, dirinya mempunyai pengalaman pribadi yang dalam dan bersahabat dengan insan pers. Bahkan sejak menjadi wali kota, gubernur, hingga menjadi presiden.

"Saya ke sana-ke mari runtang-runtung saya jalan bareng ke kampung, ke pasar, ke desa, ke nelayan dengan rekan-rekan wartawan. Dan terbukti, insan pers telah membuka harapan orang biasa seperti saya bisa menjadi presiden," ungkapnya.

Usai memberikan sambutan, Presiden Jokowi yang didampingi sejumlah pejabat serta Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, dan Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal S Depari melakukan pengetikan tulisan 'HPN' pada mesin tik sebagai tanda Peringatan HPN 2023.

BERITA TERKAIT