test

News

Kamis, 5 Januari 2023 13:22 WIB

Kepercayaan Publik Kembali Naik, Polri Bakal Tingkatkan Pengawasan Anggota

Editor: Hadi Ismanto

Asisten SDM Kapolri, Irjen Pol Dedi Prasetyo saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Polri akan terus meningkatkan pengawasan di semua level setelah kepercayaan publik terhadap Korps Bhayangkara kembali meningkat pasca-penyelesaian kasus-kasus besar dan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Pengawasan terus ditingkatkan dari semua level. Tindak tegas apabila anggota terbukti bersalah dan berikan reward kepada anggota-anggota yang berprestasi," ungkap Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Kamis (5/1/2023).

Lebih lanjut Dedi menjelaskan, Polri juga telah banyak memberikan arahan untuk kepada seluruh Kasatwil untuk mencegah adanya pelanggaran yang dilakukan anggota.

"Kalau arahan-arahan, sudah banyak banget, termasuk regulasi pun sudah banyak," ucapnya.

Diberitakan sebelumya, Indonesia Political Survey (Indopol) merilis data terbaru terkait kepercayaan publik terhadap sejumlah lembaga, salah satunya Polri. Pada akhir tahun 2022, angka kepercayaan Korps Bhayangkara meningkat sebesar 69,35 persen.

Direktur Eksekutif Indopol, Ratno Sulistiyanto mengatakan survei dilakukan dalam periode 14-23 Desember 2022. Adapun total responden sebanyak 1.240 yang tersebar di 34 provinsi.

Pengambilan sampel dilakukan secara multistage random sampling. Survei dilakukan dengan wawancara secara langsung atau tatap muka. Margin of error dalam survei ini sebesar +- 2,85 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Indopol telah melakukan survei persepsi publik terhadap kinerja polisi di penghujung tahun 2022 dengan hasil tingkat kepercayaan publik sebesar 69,35 persen. Angka ini meningkat dari bulan-bulan sebelumnya," kata Ratno dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/1/2023) kemarin.

Menurut Ratno, tren kenaikan kepercayaan publik terhadap kinerja Polri ini disebabkan beberapa faktor. Salah satunya adanya program quick wins Polri yang dinilai masyarakat sangat bermanfaat.

"Adanya intervensi kebijakan Polri, salah satunya melalui Program Quick Wins dimana dalam kurun waktu 2 bulan terakhir ini, program ini terbukti efektif meningkatkan kepercayaan publik terhadap kepolisian," tuturnya.

BERITA TERKAIT